Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Demi: Calon dari Kalangan Dewan Diprediksi Sedikit

Parpol Tak Takut Kalah Start

119
0
Dr H Basuki Rahmat

SINGAPARNA – Partai politik di Kabupaten Tasikmalaya mengaku tidak takut kalah start oleh figur-figur di luar politisi jelang Pilkada 2020. Hal itu diungkapkan Tim Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PPP Priangan Timur Dr H Basuki Rahmat MSi kepada Radar, Senin (12/8).

Kata Basuki, pihaknya tidak khawatir dengan bermunculannya figur di luar politisi yang menyatakan siap maju pada pesta demokrasi lima tahunan ini. Karena beda proses atau tahapan antara figur politisi dan yang bukan.

“Saya kira harus dibedakan antara proses politik di supra struktur dalam hal ini di mekanisme partai politik dan proses politik di masyarakat yang lebih cair,” kata Basuki kepada Radar, Senin (12/8).

Lanjut dia, proses di partai politik banyak mekanisme yang harus ditempuh untuk bisa memulai tahapan sosialisasi ke masyarakat dengan kandidat calon. Mulai dari persetujuan daerah, provinsi sampai pusat dalam menentukan figur terbaik yang akan diusung pada Pilkada 2020.

“Jadi saya kira (belum munculnya figur politisi, Red) bukan soal malu-malu atau sembunyi-bunyi calon dari parpol. Namun ada proses dan tahapan politik di parpol. Saya kira saat ini baru tahap menimbang-nimbang untuk menentukan kandidat,” kata dia.

Saat ini, kata Basuki, partai politik masih menuntaskan Pemilu 2019 hingga pelantikan dan lainnya. Sehingga, rata-rata partai, termasuk PPP belum fokus menyiapkan jelang Pilkada 2020. “Ya kalau sekarang baru sebatas ancang-ancang saja,” katanya.

Walaupun baru ancang-ancang, ka­ta dia, partai politik tidak takut ka­la­h start oleh figur di luar politisi. Kare­na, partai politik mempunyai me­­sin partai sampai ke tingkat RW dan RT yang siap digerakkan setiap saat.

“Kalau sudah waktunya, parpol tinggal menggerakan mesin politik secara masif. Berbeda dengan calon yang akan berangkat dari jalur independen tidak punya instrumen,” ujarnya, menjelaskan.

Sejauh ini, kata dia, secara internal PPP belum ada pembicaraan serius ke arah Pilkada 2020. Karena masih menunggu dan menyiapkan proses pelantikan anggota dewan. “Nanti kalau semuanya sudah selesai baru kita fokus dan bicara soal pilkada,” katanya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Demi Hamzah Rahadian SH MH mengaku tidak khawatir kalah start oleh para kandidat calon bupati atau wakil bupati, yang sudah lebih dulu menyosialisasikan diri ke publik. “Tidak takut kalah start lah. Walaupun di PDI Perjuangan sendiri belum ada proses secara kepartaian soal pilkada,” ujarnya.

Kata Demi, sejauh ini figur dari parpol belum muncul karena waktunya dianggap belum tepat. Kemudian berkaitan dengan proses dan mekanisme di partai hingga keputusan di DPP. “Jadi tidak bisa mendahului pengurus partai di daerah. Kalau sekarang didorong-dorong, pada akhirnya tidak diberi SK oleh DPP, mau apa,” kata Demi.

Selain itu, kata dia, figur parpol yang digadang-gadang akan maju masih mempunyai jabatan baik di DPRD kabupaten, provinsi atau pusat. Sehingga mereka masih berhitung kepastian maju atau tidaknya pada pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Tak jarang ada yang berpikir lebih baik pertahankan jabatan saat ini, atau juga ada penegasan instruksi dari partai dia harus maju. Saya memprediksi akan sedikit calon kandidat dari dewan yang mau masuk bursa pencalonan di Pilkada 2020,” ujar dia.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.