Partisipasi Pemilih di Pilbup Tasikmalaya Meningkat

48
0
radartasikmalaya
Loading...

TINGKAT partisipasi pemilih di Pilkada 2020 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari Pilkada 2015 lalu. Bahkan Kabupaten Tasikmalaya menjadi satu-satunya daerah di Jawa Barat yang mencapai peningkatan pemilih signifikan dibandingkan daerah lainnya pada pilkada serentak ini.

Pada Pilkada 2015 raihan partisipasi pemilih sebanyak 60,13 persen. Namun, untuk Pilkada 2020 melonjak sangat signifikan sebesar 73,42 persen dengan peningkatan partisipasi 13,29 persen, padahal situasinya dalam kondisi pandemi Covid-19.

Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi Ai Rochmawati mengaku bersyukur di tengah pandemi Covid-19 KPU bisa meningkatkan jumlah partisipasi pemilih di Pilkada Tasik.

Hasil ini tidak terlepas dari kinerja badan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkatan bawah. Dengan sosialisasi dan kesadaran peserta pemilih untuk datang ke TPS.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Sosialisasi Istianah MAg menambahkan, memang target dari KPU RI di Pilkada 2020 yakni 77,5 persen, artinya belum bisa tercapai di Kabupaten Tasikmalaya.

loading...

“Hanya Kabupaten Pangandaran saja di Jawa Barat yang partisipasi pemilihnya sampai 84 persen. Namun kenaikan paling tinggi dari Pilkada 2015 lalu tetap Kabupaten Tasikmalaya yang tertinggi 13,29 persen,” ujar dia.

Pencapaian partisipasi di Pilkada Tasik, kata dia, tidak terlepas dari sosialisasi badan PPK dan PPS yang masif ke pemilih dengan terus melakukan evaluasi mingguan dan bulanan.

“Sosialisasi terhadap berbagai segmen pemilih baik keagamaan, pemula, perempuan dan lainnya. Kerja sama PPK dan PPS sangat mempengaruhi tingkat partisipasi. Minimal kita pertahankan dan maksimal ditingkatkan,” papar dia. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.