Partisipasi Warga Kota Banjar pada Pemilu Meningkat

27
PENJELASAN. Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis SPdI memberikan keterangan kepada wartawan Rabu (22/5). KPU menyebut jumlah partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019 meningkat jika dibanding dengan Pemilu tahun lalu.

BANJAR – Jumlah partisipasi masyarakat dalam Pemilu Serentak 2019 meningkat dibandingkan pada Pemilu tahun 2014. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis SPdI.

“Jumlah partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 sekitar 81,05 persen. Pemilu 2014 sekitar 75,16 persen. Ada kenaikan 16 persen di tahun ini,” ujarnya kepada wartawan Rabu (22/5).

Sementara itu, terkait Pilpres dia menjelaskan bahwa KPU RI pada Selasa dini hari (21/5) hanya melakukan penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara capres dan cawapres. Bukan penetapan capres dan cawapres.

“Jadi opini ini yang harus diluruskan di masyarakat. Bukan penetapan capres dan cawapres, tapi penetapan hasil rekapitulasi KPU tingkat nasional,” jelasnya.

Kata dia, untuk penetapan capres dan cawapres maupun caleg terpilih menunggu 3×24 jam, ada atau tidaknya sengketa di MK. Jika tidak ada, maka setelah tiga hari jika tidak ada sengketa, KPU baru akan menetapkan.

Anggota KPU Kota Banjar Geri Garyadina menambahkan ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu kali ini.

“Alhamdulillah di Pemilu ini ada kenaikan partisipasi masyarakat. Dan berharap Pemilu yang akan datang bisa semakin meningkat dari saat ini,” jelasnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.