Pasar Dadakan Sirkuit BMX Ciamis Diizinkan Dibuka

188
0
SOSIALISASI. Himpunan Pedagang Kreatif Ciamis melakukan sosialisasi kepada para pedagang di Sirkuit BMX untuk menerapkan protokol kesehatan jelang dibukanya kembali pasar dadakan, Kamis (6/8). foto-foto: IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis akan kembali membuka pasar dadakan di sekitar Sirkuit BMX Ciamis yang biasa buka setiap hari Minggu.

Di mana pasar tersebut sudah lama tutup selama pandemi Covid-19.

Namun, memasuki adaptasi kebiasaan baru (AKB), pemerintah daerah memberikan kelonggaran untuk kembali beroperasi dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga : Rp9 M untuk Revitalisasi dan Pembangunan Museum Galuh Pakuan Ciamis

Mulai dari jaga jarak antar pedagang dan persyaratan lainnya.

Kamis (6/8) pagi, semua pedagang yang biasa berjualan di lokasi tersebut berkumpul di Halaman Parkir Sirkuit BMX untuk mendengarkan sosialisasi syarat-syarat dalam penerapan protokol kesehatan.

Sehingga pada pelaksanaannya semua tertib untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten  Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, pihaknya sudah memberikan izin para pedagang dadakan itu membuka kembali lapaknya dengan berbagai persyaratan.

Di antaranya wajib menerapkan protokol kesehatan, mulai dari pakai masker dan sarung tangan serta jaga jarak.

Selain itu, pedagang terlebih dulu melakukan registrasi ulang untuk didata serta wajib memakai kartu identitas. Karena untuk sementara pedagang yang diizinkan hanya asal Ciamis dan terbatas.

“Kemudian dilarang berjualan di area trotoar, sarana angkut barang dibolehkan masuk hanya sampai pukul 06.00. Serta waktu operasional pedagang sampai pukul 12.00. Kemudian para pedagang juga diminta untuk menjaga kebersihan dengan menyediakan tempat sampah,” ujarnya, menjelaskan.

Kata dia, untuk Minggu sekarang sudah bisa kembali berjualan. Namun, tetap dikembalikan lagi kepada para pedagangnya, apakah siap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

“Nanti setelah minggu pertama akan dilakukan evaluasi, apakah para pedagang mematuhi atau tidak. Izin pembukaan tersebut hanya bersifat sementara, bila ditemukan adanya kasus positif Covid di wilayah Ciamis ini maka akan ditutup lagi,” paparnya.

Baca juga : Rumah Warga Cijeungjing Ciamis Luluh Lantak Dilalap Api

Dimas Adrianto, pedagang pasar dadakan menyambut akan diberikannya izin untuk kembali berjualan.

Dengan demikian, perekonomian para pedagang yang selama ini melemah bisa kembali bangkit. “Tentunya semua pedagang sangat siap untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya, menambahkan. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.