Pasar Modern di Ciamis Harus Jalin Kemitraan dengan UMKM

112
0
AUDENSI. Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan jajaran Pemkab Ciamis menerima kunjungan dari PT Indomarco Prismatama Wilayah Cirebon di Oproom Setda Kabupaten Ciamis Jumat (6/3). iman sr / radar tasikmalaya

CIAMIS – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menerima kunjungan dan audiensi dari PT Indomarco Pris­matama Wilayah Cirebon. Per­te­muan dilaksanakan di Ruang Oproom Sekretariat Daerah Kabu­paten Ciamis Jumat (6/3) pukul 10.00.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menjelaskan terkait keberadaan pasar modern, sampai saat ini di masyarakat Ciamis, masih ada gejolak. Itu terkait masalah persaingan usaha antara pasar modern dengan pasar tradisional.

Baca juga : Di Ciamis Masker Kosong sejak Desember

Tentunya ke depan, Wabup berharap gejolak tersebut tidak terjadi lagi. Caranya, ada solusi-solusi kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak, baik itu pasar modern ataupun pasar tradisional.

Sampai saat ini, di Kabupaten Ciamis, kata dia, ada enam supermarket, 73 toko swalayan jaringan dan sembilan non-jaringan, sementara Indomaret yang termasuk toko swalayan ada sebanyak 28 toko di Ciamis.

“Tentunya pasar modern harus menjalin kemitraan dengan UMKM di sekitarnya, sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Tatar Galuh Ciamis ini,” terang Yana.

Sementara dalam pertemuan dengan Wakil Bupati, PT Indomarco Prismatama membahas terkait rencana kerja sama Pelatihan Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) dan Kurasi Produk UMKM Ciamis 2020.

Wakil Kepala Cabang Cirebon PT Indomarco Prismatama Untung Waluyo menjelaskan pihaknya akan bekerja sama dengan Pemkab Ciamis untuk menggelar Pelatihan UMKM April nanti. Pelatihan tersebut dibiayai CSR PT Indomarco Prismatama. Materi pelatihan tentang pengetahuan dan syarat agar produk UMKM bisa masuk di Indomaret.

“Tentunya harapan kami para UMKM Ciamis bisa ikut maju bersama,” paparnya.

Menanggapi rencana pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan PT Indomarco Prismatama, Wabup, berharap bisa menghasilkan para pelaku UMKM Ciamis yang mampu tembus di pasar modern. Terutamanya di minimarket yang mempunyai banyak jaringannya.

Termasuk, para pelaku UMKM Ciamis diharapkannya bisa mencapai standarisasi mutu sesuai dengan kriteria Indomaret.
Dia mengharapkan Indomaret bisa bekerja sama untuk meningkatkan promosi daerah terkait pariwisata, tentunya dengan menginformasikan destinasi wisata di merchant-merchant yang tersebar di Kabupaten Ciamis.

“Kami berharap ke depannya bisa menjalin kemitraan simbiosis mu­tua­lisme, tentunya antara pasar mo­dern dan tradisional dan UMKM di Ciamis ke depannya, “ ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.