Pemprov Jabar Kucurkan Rp 15 Miliar untuk Revitalisasi

Pasar Pancasila Akan Dibangun Dua Lantai

212
0
KONDISI PASAR PANCASILA. Pengunjung dan para pedagang Pasar Pancasila sedang beraktivitas, Rabu (16/5).

TAWANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan melakukan revitalisasi Pasar Pancasila pada 2020. Pasar dibangun menjadi dua lantai dengan kios lebih luas. Dana revitalisasi itu berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 15 miliar.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKM-Perindag) Kota Tasikmalaya H M Firmansyah menuturkan, pihaknya mendapat suntikan dana Rp 15 miliar dari Pemprov Jabar. Dana tersebut didapatkan untuk melakukan revitalisasi Pasar Pancasila. “Saat ini kami masih berupaya melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan,” ungkapnya saat dihubungi Radar, Minggu (29/12).

Revitalisasi untuk Pasar Pancasila sebelumnya gagal dilakukan dengan DAK Perbantuan dari kementerian dengan anggaran sekitar Rp 6 miliar. Penggunaan teknisnya hanya bisa mengakomodir sebagian kios dan los saja sehingga diprotes oleh para pedagang.

Untuk revitalisasi kali ini, kata Firman, masalah itu tidak akan terulang lagi. Pihaknya sudah berkomunikasi dengan para pedagang ditambah perbaikan akan mencakup semua kios pedagang. “Revitalisasi kali ini akan meliputi semua pengguna kios dan los yang ada, karena anggarannya juga lumayan,” tuturnya.

Adapun gambaran revitalisasi yang akan dilakukan yakni menjadikan Pasar Pancasila menjadi dua lantai. Untuk kios dan los para pedagang akan dibuat lebih lebar dari sebelumnya. “Kiosnya jadi lebih besar, dulu itu 1,5 x 2 meter, jadi 2,5 x 2 meter,” ujarnya.

Akan tetapi perbaikan hanya akan meliputi kios dan los yang saat ini sudah ada. Dengan demikian, revitalisasi diperkirakan belum bisa disebut maksimal. “Karena ini baru tahap satu, mudah-mudahan ke selanjutnya bisa lebih dimaksimalkan lagi,” tuturnya.

Diakui Firmansyah, Pasar Pancasila masih perlu revitalisasi dalam pembangunan fasilitas penunjang lainnya supaya bisa lebih memberikan kenyamanan terhadap warga pasar dan para pengunjungnya. “Kita ingin ada fasilitas toilet yang kelas VIP, musala yang ideal dan fasilitas-fasilitas lainnya,” tutur dia. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.