Pasar Tradisional Skala Prioritas Musrenbang Purbaratu

35

TASIK – Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020, Kamis (07/02).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ivan Dickan, Camat Purbaratu Odang Saepudin, DPRD, Ulama Purbaratu, Lurah Kecamatan Purbaratu, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ivan menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Musrenbang di tingkat kecamatan adalah dalam rangka meluruskan prioritas-prioritas kegiatan program pembangunan yang akan diusulkan dan dilaksanakan pada tahun 2020.

“Memang siklus perencanaan pembangunan seperti ini, yang tahun 2019 belum terlaksanakan, dan untuk tahun 2020 sudah direncanakan/musyawarahkan, siklusnya seperti ini (musrenbang, red),” ujarnya.

Hasil musrenbang di setiap kecamatan, kata Ivan, akan dipilah. “Apakah usulan-usulan itu ada yang terkait dengan dinas seperti dinas pertanian, dinas ketahanan pangan, dinas kominfo dan lain-lain,” kata Ivan.

Setelah musrenbang kecamatan, lanjut Ivan, kemudian dilaksanakan musrenbang sektoral di masing-masing OPD untuk disinkronkan antara perencanaan dinas dengan apa yang diaspirasikan dari hasil musrenbang seluruh kecamatan.

“Dari musrenbang tingkat kota akan diihasilkan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Di setiap dinas akan merumuskan rencana RKPD tahunan. Dokumen ini akan dijadikan acuan,” tuturnya.

Dalam pendekatan Musrenbang, tambah Ivan, ada empat poin yakni. Pertama, pendekatan politis maksudnya menjabarkan melaksanakan janji-janji kepala daerah dan wakil kepala daerah yang disampaikan pada saat pemilu.

Kedua demokratis, maksudnya setiap usulan ditelaah, dikaji secara ilmiah oleh dinas, mengenai skala prioritasnya.

Ketiga aspek partisipatif, yaitu yang melibatkan seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam pembangunan. Dan keempat kebijakan dari atas dan aspirasi dari bawah.

“Pembangunan pasar tradisional dan jalur lingkar utara menjadi skala prioritas di Kecamatan Purbaratu,” tandasnya. (ans).

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.