Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.4%

20.4%

8.4%

66.9%

Pasarkan Produk UMKM Kota Banjar ke Hotel & RM

204
0
istimewa. PRODUKSI. Salah satu UMKM pengrajin bolu gulung asli Kota Banjar tengah produksi baru-baru ini. Produk UMKM ini akan dipasarkan di hotel dan restoran di wilayah Banjar, Ciamis, Pangandaran dan Kabupaten Garut.
istimewa. PRODUKSI. Salah satu UMKM pengrajin bolu gulung asli Kota Banjar tengah produksi baru-baru ini. Produk UMKM ini akan dipasarkan di hotel dan restoran di wilayah Banjar, Ciamis, Pangandaran dan Kabupaten Garut.

BANJAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar melalui Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melakukan terobosan dalam memasarkan produk UMKM. Salah satu sarana untuk tempat pemasarannya yakni hotel dan rumah makan.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM dinas KUKMP dan Industri Kota Banjar Tatang Nugraha mengatakan salah satu kendala yang sering disampaikan pelaku UMKM adalah pemasaran.

“Saat ini kita coba fasilitasi para pelaku UMKM di Kota Banjar dengan produk unggulan mereka dipasarkan di hotel dan rumah makan. Kita coba bekerja sama dengan RM dan hotel yang ada di Banjar dan Ciamis,” kata Tatang Nugraha Senin (20/7).

Ia menjelaskan kendala pemasaran memang menjadi hal serius meskipun kondisi diluar pandemi Covid-19. Meskipun produksi UMKM melimpah, namun dari sisi pemasaran kurang maka tidak akan seimbang, produksi pun akan terhambat.

Baca juga : 3 Pasien Corona Kota Banjar Diisolasi di Rumahnya Masing-Masing

Ia berharap kerja sama dengan hotel dan rumah makan membuka peluang produk UMKM dikenal luas ke luar daerah. Karena, rata-rata rumah makan dan hotel yang bekerja sama sering menerima konsumen dari luar daerah.

“Untuk sementara kita kerja sama dengan rumah makan warung jeruk dari daerah Ciamis, RM Mergo dari perbatasan Jabar-Jateng dan seluruh cabang rumah makan Beti. Bulan depan kita juga akan menjajaki wilayah Pangandaran dan Garut, sasarannya sama hotel dan rumah makan,” kata Tatang.

Ia menjelaskan banyak produk unggulan UMKM asli Banjar yang bisa menjadi ciri khas Kota Banjar. Salah satunya Ranginan Coklat (Rangicok), bolu gulung, opak open, risol.

“Selain pemasaran offline, kita juga berupaya untuk memasarkan secara online,” kata Tatang. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.