Pasien Covid-19 yang Sembuh di Kota Tasik Meningkat

107
0
Drs H Ivan Dicksan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya
Loading...

TASIK – Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Tasikmalaya memiliki peta sebaran pasien positif Covid-19 dengan detail per kelurahan. Namun demikian peta sebaran tersebut hanya sekadar informasi dan simbol penanda saja.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 Kota Tasikmalaya, 64 dari 69 Kelurahan tercatat ada warga yang menjadi pasien positif. Sementara 5 kelurahan sisanya, sementara tidak terdapat pasien aktif yakni Kelurahan Tamanjaya, Tamansari, Sumelap, Ciherang dan Sukajaya.

Meski demikian, peta sebaran ter­sebut tidak berpengaruh terhadap kebijak­an pembatasan. Hal itu seka­dar informasi kepada masyarakat semata.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan mengatakan kebijakan pembatasan tetap berlaku di semua kelurahan. Tidak adanya pasien positif di wilayah itu bukan berarti warga bisa mengabaikan protokol kesehatan.

“Kalau untuk kebijakan semuanya sama,” ujarnya kepada Radar, Jumat (15/1).

loading...

Baca juga : Rekam Jejak Calon Baznas Kota Tasik Ditelusuri

Pasalnya, kata Ivan, mobiltas masyarakat tentunya tidak hanya berkutat di satu kelurahan saja. Sehingga potensi penularan tetap ada di mana saja, sekalipun di Kelurahan tersebut tidak terdapat pasien positif.

“Misal ada kegiatan tetap harus minta rekomendasi Satgas, karena bisa jadi warga dari luar juga datang ke lokasi,” terangnya.

Maka dari itu, masyarakat di wilayah kelurahan yang tidak terdapat pasien bukan berarti bisa mengabaikan protokol kesehatan. “Protokol kesehatan harus diterapkan di wilayah mana pun,” tegasnya.

Ivan menjelaskan perlunya informasi peta sebaran tersebut diketahui publik, yakni untuk menjadi pengingat. Supaya masyarakat bisa lebih waspada khususnya ketika di lokasi tersebut ada pasien positif.

“Tapi bukan berarti dikucilkan, kita jaga jarak dan tetap memberikan support,” terangnya.
Pihaknya bersyukur akhir-akhir ini tingkat kesembuhan pasien cukup tinggi. Sehingga jumlah pasien aktif mengalami penurunan yang cukup signifikan. “Alhamdulillah sekarang pasien aktif di bawah 500 orang, banyak yang sembuh,” terangnya.

Berdasarkan data Satgas, jumlah kasus positif di Kota Tasikmaaya totalnya mencapai 2.677. Dari jumlah tersebut, 2.141 di antaranya sudah dinyatakan sembuh baik pasien simtomatik maupun asimtomatik.

Sementara itu, ada 58 pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Semua pasien yang tidak bisa diselamatkan masuk kategori Asimtomatik atau dengan penyakit penyerta. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.