Pasien Positif di Kota Tasik Kebanyakan Warga Pusat Kota

4360
0

Sebagaimana data yang dikeluarkan Gugus Tugas pada Selasa 21 April 2020, tercatat pasien positif Covid-19 kembali bertambah menjadi 29 orang. 22 orang terkonfirmasi melalui rapid test dan 7 orang hasil pemeriksaan swab test.

Dua dari 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya menunjukkan jumlah pasien positif Covid-19 yang cukup menonjol, yakni 11 orang di Kecamatan Tawang dan sembilan orang di Kecamatan Cihideung. Selebihnya Cipedes satu orang, Purbaratu satu orang, Tamansari satu orang, Kawalu dua orang, Mangkubumi satu orang dan Bungursari tiga orang.

Baca juga : Pemkot Tasik Sarankan Warga Shalat Tarawih di Rumah

Selain itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1.039 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 24 orang dan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 304 orang.

Sekretaris Gugus Tugas Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan mengatakan penambahan pasien positif bukan merupakan temuan baru. Jumlahnya, bertambah karena ada peningkatan status dari PDP menjadi positif. “Kita lihat ada penambahan positif dari hasil swab test,” tuturnya.

Terkait dibukanya pemetaan terdampak Covid-19, hal itu untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Diakuinya pasien positif didominasi warga di pusat kota. “Kebetulan karena sebelumnya mereka melakukan perjalanan ke luar daerah,” katanya.

Dengan informasi yang lebih terbuka, dia meminta semua masyarakat tetap waspada dan mengikuti anjuran pemerintah. Jangan sampai karena di wilayahnya tidak ada yang positif, membuat warga acuh. “Kan ada kecamatan yang tidak ditemukan ada pasien positif, jangan sampai warganya malah ceroboh dan akhirnya ikut terpapar,” katanya.

Disinggung langkah upaya dari pemerintah selanjutnya, Ivan mengatakan Gugus Tugas masih fokus pada sosialisasi dan memberi pemahaman warga. Namun diakui bahwa Pemkot pun mempersiapkan langkah Pembatasan Sipil Berskala Besar (PSBB). “Tapi untuk PSBB belum akan kita terapkan,” tuturnya.

Alasannya, jelas Ivan, karena penularan transmisi lokal menjadi salah satu syarat penerapan PSBB. Sementara di Kota Tasikmalaya semua yang dinyatakan positif mendapat wabah di luar daerah. “Penularan terhadap keluarga di dalam rumah belum bisa disebut transmisi lokal, kecuali sudah menularkan ke tetangga,” katanya.

Terpisah, Camat Cihideung Drs H Soni MSI mengaku tidak menyangka wilayahnya terdapat banyak pasien positif Covid-19. Menyikapi itu pihaknya akan berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat lebih intensif. “Apalagi sebentar lagi Ramadan, kita harus cegah ada kumpulan-kumpulan yang ngabuburit,” terangnya.

Hal serupa juga diungkapkan Camat Tawang Yuda Permana yang mengaku akan lebih gencar melakukan sosialisasi di masyarakat. Pembentukan Gugus Tugas Tingkat Kecamatan memudahkannya memberikan pemahaman kepada masyarakat. “Jadi kami bersama TNI dan Polri akan terus memberikan arahan kepada warga, khususnya menggunakan masker,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf mengatakan tengah melakukan kajian dalam menentukan apakah Kota Tasik akan mengusulkan opsi PSBB atau tidak. “Namun, kajian tersebut masih menunggu analisa dari tim Dinas Kesehatan. Apakah kita perlu PSBB,” ujar Yusuf saat menghadiri penyerahan bantuan APD di Kantor Hiswana Migas DPC Priangan Timur, Senin (20/4).

Baca juga : Pasien Positif Corona Pertama Kabupaten Tasik Membaik, Tertular dari Bandung

Menurutnya, apabila kajian PSBB sudah siap, pihaknya segera melaksanakan pembahasan dengan unsur Forkopimda serta pihak terkait lainnya. Kemudian mengusulkan rencana itu kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam mengeluarkan rekomendasi pemberlakuan PSBB. “Kalau nanti memungkinkan PSBB, kenapa tidak. Rencana ada, namun sedang kita analisis dulu, sebab Dinkes melihat kasus di kita belum sampai terjadi transmisi lokal,” kata dia.

“Kalau nantinya pusat merekomendasikan PSBB, tentu kita laksanakan seoptimal mungkin, demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat,” lanjut orang nomor dua di Pemkot Tasikmalaya ini. (rga/igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.