Paskibraka Bentuk Karakter Siswa

250
0
SEMANGAT. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tasikmalaya menggelar latihan di Lapangan Dadaha, Minggu (7/7). Insert. Kepala Seksi Kepemudaan pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya H Dede Irfan Sani SE (tengah) kompak bersama kedua Paskibraka yang mewakili di tingkat Jawa Barat, Minggu (7/7). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter siswa. Salah satunya menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya H Dede Irfan Sani SE kepada Radar, Minggu (7/7).

Jelas dia, para Paskibraka sangat membantu dalam pembentukan karakter. Karena di dalamnya akan tertanam sikap nasionalis dan patriotisme. Kemudian dapat juga membentuk kedisiplinan, etika baik dalam pembawaan diri dan sopan santun, sikap proaktif dan mempunyai karakter serta berwawasan kebangsaan yang luas.

“Mudah-mudahan Paskibraka yang berjumlah 38 siswa terbaik dari SMA/SMK/MA menjadi kebanggaan Kota Tasikmalaya dan tumbuh sebagai pribadi yang berkarakter. Termasuk kami juga mengirimkan dua perwakilan ke tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar),” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, dua Paskibraka yang berangkat ke Jawa Barat adalah Radhiya Gumelar Zahran dan Reirigail Aribi Mahendra. Mereka akan mengharumkan Kota Tasikmalaya, karena tidak semua daerah bisa terpilih mengirimkan perwakilan pada peringatan kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. “Kedua siswa tersebut dari SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

Lanjut dia, selain menjadi pengibar bendera merah putih, diharapkan para Paskibraka ini bisa menjadi pribadi yang lebih baik. “Mudah-mudahan para Paskibraka ini menjadi generasi muda yang berkualitas dan calon pemimpin yang baik. Sehingga, berpeluang besar dalam karier masa depan sekaligus menjadi bagian penting dalam membangun bangsa dan negara, terkhusus bagi kemajuan daerah,” ujar dia.

Reirigail Aribi Mahendra, calon Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat mengatakan, menjadi anggota Paskibraka banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Seperti bisa membangun mental yang baik dan disiplin.

Calon Paskibraka Provinsi Jawa Barat lainnya, Radhiya Gumelar Zahran mengatakan, Paskibraka bisa membentuk pribadi yang disiplin dan beretika. Sehingga bisa berpengaruh dalam perilaku di kehidupan sehari-hari.

“Sebuah organisasi (Paskibraka, Red) cocok buat saya, karena bermanfaat membentuk perilaku kedisiplinan dan etika lebih baik. Seperti dari mulai pola makan, tidur dan pelatihan serta pembinaan yang teratur,” katanya.

Lanjut dia, diharapkan dengan turut sertanya menjadi bagian dari Paskibraka bisa membanggakan Kota Tasikmalaya dan keluarga.(mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.