Patahkan Dominasi Marc

7
motogp.com SELEBRASI. Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins (tengah) berhasil meraih podium pertama di GP Amerika dan mematahkan dominasi Marquez, kemarin.

TEXAS – Jatuhnya bintang Repsol Honda Marc Marquez di tikungan 12 membawa keberuntungan bagi pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. Pembalap Spanyol itu tampil sensasional di GP Amerika Serikat dengan berhasil menghempaskan Valentino Rossi ke posisi kedua di sirkuit Americas, Austin, Texas, Senin (15/04) dini hari.

Rins finis terdepan di balapan sepanjang 20 lap itu dengan selisih 0,462 detik dari legenda Monster Energy Yamaha MotoGP Valentino Rossi di runner-up.

Dengan hasil ini, Rins sukses mempersembahkan kemenangan pertama bagi Suzuki sejak GP Inggris 2016. Bagi Rins sendiri, ini juga torehan pertama di kelas MotoGP. Rins sebelumnya pernah menjuarai GP Amerika Serikat di Austin di kelas Moto2 pada 2015 dan di Moto3 pada 2013.

“Saya tahu Valentino memiliki banyak pengalaman di sini. Dan saya sangat senang, Suzuki pantas menerima kemenangan ini, kami bersama pantas menerimanya,” ungkap Rins seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Balapan itu menyajikan drama saat Marquez gagal mencetak rekor tujuh kemenangan berturut-turut di Austin setelah terjatuh di tikungan 12. Pembalap asal Spanyol itu sejatinya meraih pole position ketujuh kalinya di Austin. Usai terjatuh, Marquez mencoba beberapa kali menyalakan motornya, namun gagal.

Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales kurang beruntung setelah mendapatkan penalti ride through karena melakukan jump start. Pembalap rookie Suzuki Ecstar Joan Mir juga diganjar hukuman yang sama. Namun demikian Vinales mampu finis di posisi 11 sedangkan Joan Mir finis di posisi 17.

Setelah insiden jatuhnya Marquez, Rossi memimpin balapan dengan Rins yang membayangi di belakangnya. Rins mampu mendahului Rossi di empat lap terakhir yang mulai kehilangan traksi dari kombinasi ban medium depan dan medium belakangnya. Rossi sempat mencoba untuk menyalip Rins dari dalam di tikungan 11 tetapi masih melebar.

“Rasanya campur aduk. Di satu sisi disayangkan karena sudah lama sekali sejak terakhir kali saya juara dan hari ini adalah kesempatan yang bagus,” keluh Rossi atas kekalahannya dengan Rins.

Podium ketiga diraih pembalap Pramac Ducati Jack Miller diikuti oleh pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang tampil impresif merebut posisi 4 setelah start dari posisi ke-13. Balapan seri keempat MotoGP 2019 akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 5 Mei mendatang. (wsa/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.