Patung Bima Jadi Ikon Desa Lobener

5
TEGAP: Patung Bima berdiri tegap dan gagah di depan kantor Kuwu Lobener Lor, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

INDRAMAYU – Patung sosok bima yang gagah dan kuat terlihat di depan kantor Kuwu Lobener Lor, Kecamatan Jatibarang. Sejak beberapa minggu terakhir, patung Bima jadi daya tarik bagi masyarakat untuk berswafoto.

Kuwu Lobener Lor, Mahpudin, mengatakan, patung Bima yang dibangun merupakan upaya pemerintah dalam mengenang sosok pendiri desa yakni Modin.

Dalam riwayatnya, Modin mendapat kekuatan luar biasa seperti Bima yang merupakan tokoh pewayangan. Sehingga patung Bima memiliki filosofis tersendiri bagi masyarakat Desa Lobener Lor.

“Selain memiliki filosofis sendiri, patung ini akan jadi ikon Desa Lobener Lor. Artinya ketika masyarakat melihat patung Bima ini, ingat pada leluhur pendiri desa,” ujarnya.

Sehingga tak heran, apabila patung Bima yang baru selesai dibangun seminggu yang lalu itu menjadi tempat swafoto masyarakat.

Mereka tak hanya sekadar berfoto, namun bisa mengingat sosok Modin yang menjadi leluhur desa. Pendiri desa yang memiliki kekuatan yang luar biasa, mendapat julukan Modin Bima.

“Sebagai pengingat, dan bisa menjadi nilai filosofi masyarakat Lobener Lor. Terutama pemdes untuk lebih kuat dalam menjalankan tanggung jawab membangun desa. Dan masyarakatnya memiliki tekad yang kuat turut serta menyukseskan pembangunan desa,” tutur Mahpudin.

Sodik, salah satu warga Lohbener Lor mengatakan, patung Bima di halaman depan kantor desa tidak hanya melambangkan sosok modin, sang pendiri desa, tetapi melambangkan tekad yang kuat dari masyarakatnya. Diharapkan menjadi spirit untuk membangun desa agar lebih maju dan semakin sejahterah.

“Jadi lambang bahwa warga Lobener Lor adalah kuat. Dalam arti bukan kuat dalam hal tenaga seperti yanag dimiliki leluhurnya, tetapi kuat dalam menjalin kebersamaan, kuat mengemban peran dan tanggung jawab sebagai masyarakat, serta kuat dalam menjunjung tinggi adat dan istiadat leluhur,” ujarnya. (oni)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.