PDAM Berupaya Jadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum

33
0
RAMAH. Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah ST ditemui di ruangannya kemarin.
RAMAH. Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah ST ditemui di ruangannya kemarin.

BANJAR – Direktur PDAM Tirta Anom E Fitrah Nurkamilah terus berupaya memperbaiki keuangan lembaga bisnis milik Pemkot Banjar itu. Salah satu terobosan yang kini dipersiapkan adalah penggantian status PDAM menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam).

Menurut dia, jika sudah bertransformasi menjadi Perumdam, pihaknya bisa menerima suntikan modal dari investor swasta.

“Rencana kami ingin menjadikan PDAM ini menjadi Perumdam. Jadi nanti namanya bukan PDAM lagi,” katanya Senin (16/12).

Kata dia, jika sudah menjadi Permdam, pihak swasta bisa menanamkan modalnya di bawah 50 persen dari modal awal PDAM.

“Modal kita sesuai perda sekitar Rp 49 miliar. Kita ingin membuka lebar bisnis milik Pemkot ini supaya menghasilkan profit dan membuka peluang untuk pihak swasta. Semoga dengan masuknya investasi dari swasta, kami bisa meningkatkan seluruh pelayanan, fasilitas kepada pelanggan kemudian bisa menambah jumlah pelanggan,” katanya.

Saat ini, jumlah pelanggan PDAM sekitar 10.500 SR. Pihaknya juga tengah menggenjot peningkatan persentase pembayaran tagihan dari pelanggan. “Selain merubah status PDAM menjadi Perumdam, kami juga akan melakukan jemput bola penagihan tarif ke pelanggan,” ujarnya.

Pemerhati pemerintahan Sidik Firmadi menilai ada beberapa strategi yang harus diambil agar perusahaan plat merah itu tak melulu rugi.

Diantaranya memastikan pasokan sumber air stabil dan besar, karena biasanya konsumen akan tertarik menggunakan PDAM jika airnya stabil dan melimpah. Kemudian mamastikan air PDAM tidak keruh meskipun saat musim hujan dan yang terahir tentunya harga yang terjangkau.

“Jadi saran saya harga jangan terlalu mahal, sehingga tidak memberatkan masyarakat. Tetapi tetap menguntungkan pemerintah daerah. Terakhir saya berharap ke depan PDAM Tirta Anom Kota Banjar, benar-benar bangkit dan berjaya,” ujarnya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.