PDAM Pastikan Pasokan Air Aman

47

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura memastikan kondisi suplai air untuk pelanggan di wilayah Kota Tasikmalaya tetap stabil. Perusahaan daerah milik Pemkab Tasikmalaya tersebut sudah mengantisipasi dengan berbagai upaya.

“Pasokan air masih stabil saat ini, debit masih bagus insyaallah memasuki kemarau nanti aman,” ujar Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Sukapura Ir Wawan Darmawan saat dihubungi Radar, Selasa (11/6).

Memasuki musim kemarau tahun ini, pihaknya juga berupaya menjaga distribusi air terhadap pelanggan berjalan lancar. Salah satunya menekan kebocoran-kebocoran saluran di wilayah perkotaan.

“Kita juga sedang menekan kebocoran saluran supaya aliran air selalu stabil mengalir ke rumah-rumah pelanggan,” tuturnya.

Apabila diperlukan, kata Wawan, PDAM sudah menyiap­kan dua unit armada berkapasitas 5 ribu liter. Armada itu untuk dipakai mengirim bantuan terhadap masyarakat di titik rawan kekurangan air bersih.

“Itu sudah rutin kita siapkan ketika memasuki kemarau. Supaya bisa cepat tanggap merespons wilayah yang rawan,” kata Wawan.

Dia menambahkan ke depannya akan melakukan operasi terhadap pelanggan yang terindikasi menggunakan pompa untuk menyedot air saluran dari PDAM.

“Itu kita akan operasi juga. Banyak yang gunakan pompa untuk disedot dan lain-lain. Memastikan pasokan aman dan merata,” ucapnya.

Direktur Teknis PDAM Tirta Sukapura Didin Sahidin menjelaskan saat ini terdapat 29.400 pelanggan yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya. Tersebar di berbagai kecamatan, namun didominasi di wilayah Kecamatan Cihideung.

“Sumber air itu untuk wilayah kota, kami salurkan dari dari mata air Cipondok Galunggung. Sejauh ini masih terpantau stabil dan aman,” terangnya.

Dia mengimbau pelanggan yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya supaya turut mengantisipasi apabila terjadi kemarau panjang. Salah satunya menyiapkan bak penampungan air di samping bak yang digunakan rutin untuk kegiatan sehari-hari. “Kami imbau juga ada bak penampungan air di pelanggan, sebagai cadangan,” pintanya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.