PDAM Tasik Akui Jumlah Pegawai 272, Soal Rasio Belum Ada Penjelasan

1465
1

SINGAPARNA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya belum menjelaskan soal rasio pegawai yang tercantum dalam peraturan direksi dan dipertanyakan aktivis 96, Dadi Abidarda.

Saat dikonfirmasi Plt Dirut PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Ika Dahlika MP terkait hal tersebut belum menjelaskan secara rinci apa yang dipersoalkan aktivis 96. “Ke kantor saja besok (hari ini), susah menjelaskannya kalau di WhatsApp mah,” ujarnya saat dihubungi Radar, Rabu (29/7).

Kemudian, ketika ditanya berapa rincian data kepegawaian yang ada di PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya saat ini. “Buat apa, kan sudah ada (datanya, Red) di koran Radar Tasikmalaya,” singkatnya.

Sebelumnya, Aktivis 96, Dadi Abidarda mempertanyakan transparansi kepegawaian di Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya. Dia mensinyalir adanya kelebihan pegawai yang tidak sebanding dengan jumlah pelanggan.

Kata Dadi, dirinya mengkaji Peraturan Direksi PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya tentang Pengadaan dan Penerimaan Pegawai PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan hadirnya peraturan direksi ini untuk menindaklanjuti Perda Nomor 10 Tahun 2008 tentang Organ dan Kepegawaian PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya.

Baca juga : SMC Tasikmalaya Masih Rawan 6 Pasien Corona

Lanjut dia, dalam peraturan direksi tersebut pada Pasal 2 poin pertama bahwa direksi berwenang mengangkat dan memberhentikan pegawai. Poin kedua status kepegawaian diklasifikasikan sebagai tenaga kontrak, calon pegawai dan pegawai.

Kemudian, kata dia, langsung ke poin keempat yang menjelaskan tentang rasio pegawai PDAM ditetapkan berdasarkan jumlah pelanggan. Pada Huruf A jumlah pelanggan sampai dengan 30.000 paling banyak jumlah pegawainya 150 orang. Kemudian pada Huruf B untuk jumlah pelanggan 30.001 sampai 50.000 paling banyak jumlah pegawainya 250 orang. Pada Huruf C jumlah pelanggan dari 50.000-100.000 paling banyak jumlah pegawainya 450 orang.

“Sementara saya mendapatkan informasi bahwa jumlah pegawai di PDAM Tirta Sukapura untuk saat ini mencapai 272, baik yang sudah pegawai, calon pegawai dan kontrak. Sementara saya juga mendapatkan informasi bahwa pelanggannya masih di bawah 50.000. Artinya ada kelebihan rasio pegawai jika mengacu kepada peraturan direksi,” katanya kepada Radar, Selasa (28/7).

Maka dari itu, kata dia, dirinya meminta PDAM terbuka secara rinci seperti apa kondisi kepegawaian saat ini. Karena, kalau benar kenyataannya ada kelebihan pegawai dalam rasio yang dituangkan pada peraturan direksi ini, berarti ada aturan yang dilanggar dan harus dipertanggung jawabkan.

“Karena aturan ini sudah jelas mengatur jumlah pegawai dan disesuaikan dengan pelanggan. Sehingga tidak menjadi beban perusahaan dalam memberikan gaji, terus kalau kondisinya lebih seperti apa pertanggung jawabannya,” katanya, menjelaskan. (dik/yfi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.