PDAM Tirta Sukapura Distribusikan 6,7 Juta Liter Selama Kemarau

187
0
Ir Wawan Darmawan MM Dirut PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya

TASIK – Sepanjang musim kemarau Juli-Oktober 2019, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya sudah mendistribusikan 6,7 juta liter kubik air atau 1.688 tangki kepada masyarakat Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Selain sudah menyuplai kebutuhan air untuk masyarakat selama kemarau, PDAM pun saat ini fokus pemeliharaan dan perbaikan sumber mata air jelang musim hujan yang seringkali mengakibatkan longsor hingga terjadi kebocoran dan kerusakan pipa.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Ir Wawan Darmawan MM menjelaskan, untuk memenuhi permintaan air bersih selama musim kemarau baik dari kota/kabupaten, PDAM bekerja sama dengan instansi lain. Seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya kota/kabupaten, BPBD kota/kabupaten, PMI, Dinas Sosial kota/kabupaten, Tagana, Polsek dan Damkar Kabupaten Tasikmalaya. “Kita bantu suplai air. Selain air, disiapkan tangki PDAM stand by di Kantor BPBD Kabupaten Tasikmalaya,” kata Wawan kepada Radar, Senin (25/11).

Direktur Umum (Dirum) PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Moch Alie Firman menambahkan, di samping suplai air, PDAM sudah mengantisipasi kebocoran akibat dampak dari bencana alam. “Kita sudah antisipasi gangguan penyaluran air PDAM karena dampak bencana alam,” kata Ali.

Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Didin Sahidin menambahkan, langkah antisipasi yang dilakukan PDAM saat musim hujan memperbaiki dan melakukan pemeliharaan fasilitas sumber air. “Dengan menambah ketinggian tembok pembatas antara sumber mata air dengan sungai,” ujarnya.

Lanjut dia, sumber mata air yang rawan terkena longsor di antaranya Cipondok, Ciawi. Karena posisinya tepat di pinggir tebing Sungai Cikunten. “Kita sudah antisipasi dengan pengamanan aliran Sungai Cikunten agar tidak masuk bak air PDAM dengan cara peninggian tebing supaya tidak membludak pada saat hujan atau longsor,” ujarnya, menjelaskan. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.