PDAM Tirta Sukapura Tasik Perlu Penyegaran

113
0
BADAN USAHA. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura belum memiliki direksi definitif dan masih menunggu proses seleksi selesai. DIKI SETIAWAN / RADAR TASIMALAYA

SINGAPARNA – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Kabupaten Tasikmalaya menilai seleksi calon direksi PDAM Tirta Sukapura harus dimaksimalkan untuk menyegarkan dan menjadikan momentum kemajuan dari BUMD tersebut.

“Ya ini (seleksi direksi) adalah momentum untuk pemerintah daerah melakukan pembenahan terhadap PDAM menjadi lebih baik dari berbagai bidang. Mulai dari kontribusi terhadap daerah, pelayanan dan ketertiban dalam menjalankan aturan,” ujar Ketua LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya Asep Abdul Rofik SH kepada Radar, tadi malam.

Baca juga : Ini 3 Nama Calon Direksi PDAM Tirta Sukapura Tasik, Dadi: Awas Jangan Salah Pilih

Asep meminta bupati Tasikmalaya bisa menentukan pilihan dengan objektif dan mengacu kepada rekam jejak kinerja masing-masing kandidat. Sehingga yang dipilih sebagai direksi baru bisa benar-benar membawa perubahan dan perbaikan dari berbagai kekurangan yang dimiliki PDAM saat ini.

“Kalau menurut saya PDAM butuh penyegaran dengan tenaga-tenaga baru yang lebih inovatif untuk membawa kemajuan yang berdampak terhadap pendapatan asli daerah,” harapnya.

Terpisah, Pengamat pemerintahan politik dan sosial Tasikmalaya Asep M Tamam melihat proses seleksi calon direksi PDAM Tirta Sukapura sudah dipercayakan kepada panitia seleksi (pansel).

“Kami percaya kepada pansel yang sudah meloloskan lima nama calon direksi PDAM sejauh ini. Tentunya dengan seleksi yang ketat. Secara prinsip mengapresiasi dan menghargai hasil pansel dalam menentukan lima nama dari seluruh yang mendaftar,” ujarnya.

Secara umum, kata Asep, lima nama calon direksi mempunyai latar belakang mengelola perusahaan air minum atau PDAM ini.

“Secara prinsip mereka tahu manajemennya, tinggal selangkah lagi untuk menghasilkan dirut, dirtek dan dirum PDAM Tirta Sukapura,” kata dia.

Asep menyimak banyaknya pihak yang berkomentar akhir-akhir ini terhadap seleksi calon direksi PDAM, menunjukkan sebuah harapan besar masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya agar PDAM ini lepas dari wacana perilakunya yang menyimpang. Berharap lebih maju ke depan.

“Kita berharap termasuk harapan besar masyarakat agar PDAM bermanfaat bagi masyarakat Tasikmalaya dan bisa menggenjot dan menaikan PAD. Mudah-mudahan direksi PDAM nanti bisa mempertahankan perusahaan agar tidak masuk ke potensi perilaku korupsi sehingga mampu meningkatkan PAD setiap tahunnya,” katanya.

Plt Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Dadih Abdul Hadi mengatakan, memang kontribusi PAD ke pemerintah daerah setiap tahunnya mengalami peningkatan dan penurunan.

Dia menjelaskan, PAD tahun 2015 mencapai Rp 1.575.392.260. Kemudian tahun 2016 menurun menjadi Rp 509.092.986. Selanjutnya, mengalami kenaikan lagi tahun 2017 Rp 1.183.229.809, tahun 2018 Rp 1.706.849.725 dan tahun 2019 Rp naik signifikan hingga Rp 3.479.265.320. “Untuk laba bersih PDAM yang menjadi kontribusi terhadap PAD adalah laba perusahaan dikurangi pajak kemudian dibagi 50 persen. Sebenarnya setiap tahun juga meningkat,” ungkap Dadih kepada Radar, Senin (31/8).

Menurut dia, untuk di tahun 2020 target PAD sesuai rencana kerja dan anggaran perusahaan ditargetkan setor laba untuk PAD Rp 2,3 miliar, jadi ada penurunan dari tahun 2019 lalu, karena asumsi makro berubah akibat dampak Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020.

Sebelum Covid-19 terjadi, tambah dia, target pendapatan dari pelanggan itu mencapai 92 persen.

Baca juga : Rekam Jejak Calon Direksi PDAM Tirta Sukapura Tasik Harus Jadi Patokan

Karena dampak Covid-19 hanya 85 persen dan itu juga sulit merealisasikannya. Termasuk banyak juga pelanggan yang ditutup akibat tidak membayar lagi.

“Siklus keuangan PDAM setiap memasuki tahun keempat atau kelima selalu terjadi penurunan laba, karena biaya operasional makin besar dibanding pendapatan. Termasuk menambah jumlah pelanggan untuk menggenjot pendapatan atau efisiensi operasional perusahaan,” ungkap Dadih. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.