Beranda Tasikmalaya PDIP: Pengisi Wabup Bisa dari Luar Koalisi
PKS Sudah Kantongi Kader untuk Diusulkan Mengisi Wakil Bupati

PDIP: Pengisi Wabup Bisa dari Luar Koalisi

89
BERBAGI

SINGAPARNA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya membuka peluang bagi kader di luar partai koalisi untuk menduduki jabatan wakil bupati (wabup). Dengan catatan atas persetujuan dan kesepakatan partai pengusung yakni PDI Perjuangan, PAN dan PKS.

“Ya bisa saja dan ada peluang pengisi wabup dari luar partai pengusung. Termasuk keinginan Pak Uu yang mengharapkan kader PPP bisa mengisinya. Jadi semuanya sah-sah saja,” ujar Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya Arif Rachman SE MM kepada Radar, Kamis (9/8).

Siapa presiden pilihan mu nanti di 2019 ?
  • Prabowo - Sandiaga Uno 59%, 51 vote
    51 vote 59%
    51 vote - 59% of all votes
  • Jokowi Dodo - KH Ma'ruf Amin 41%, 36 votes
    36 votes 41%
    36 votes - 41% of all votes
Total Votes: 87
10 Agustus 2018

Berdasarkan aturan, kata dia, yang memiliki kewenangan dalam mengusulkan nama pengisi wabup adalah partai pengusung pasangan Uu-Ade pada Pilkada 2015. “Boleh sih boleh di luar partai pengusung , tapi dengan catatan. Tapi jangan terlalu kencang keinginannya karena bukan partai pengusung. Kecuali nanti partai pengusung memberikan kesempatan,” ucapnya.

Maka dari itu, lanjut Arif, partai yang bukan pengusung diharapkan tidak berkoar-koar menunjukkan keinginannya dalam mengisi jabatan wakil bupati.

Karena sudah jelas dalam aturannya yang paling berhak menentukan dan mengusulkan nama adalah partai koalisi.

Sebenarnya, terang dia, yang sedang membangun kesepahaman soal jabatan wabup adalah PAN dan PKS. Sementara PDI Perjuangan sudah jelas akan menduduki jabatan bupati. “Jadi menurut saya yang paling berpeluang mengusulkan nama adalah PAN dan PKS,” tegasnya. Mekanismenya, partai pengusung akan segera merumuskan soal jabatan wabup setelah ada penetapan bupati definitif.

Terpisah, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Tasikmalaya Dadi Supriadi mengaku sudah menjalin komunikasi dengan PAN soal jabatan wabup. “Persoalan ini berbicara soal kader yang menjadi prioritas. Insyaallah PKS sudah menyiapkan kader yang layak untuk diusulkan mengisi jabatan wabup,” katanya. (dik)

loading...