Pegiat Musik Merasa Dikerdilkan

71
0
AKRAB. Para musisi senior Tasikmalaya saat berkumpul di Studio Atap Kecamatan Bungursari Kamis (8/8). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

BUNGURSARI – Larangan peng­gunaan GOR Sukapura untuk acara musik dinilai upaya mengerdilkan pegiat musik di Tasikmalaya. Terlebih GOR yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an itu mempunyai sejarah bagi perkembangan musisi Tasikmalaya.

Hal itu diungkapkan musisi senior Tasikmalaya Andi Ibo saat ditemui Radar di Studio Atap, Kecamatan Bungursari, Kamis (8/8). Menurutnya, alasan pelarangan acara musik di GOR Sukapura hanya karena takut ada kerusakan, sulit diterima.

“Kan pemeliharaan itu sudah menjadi tanggungjawab pemerintah,” ujarnya.

Pemerintah, kata dia, seharusnya mempertimbangkan bahwa GOR tersebut merupakan gedung bersejarah bagi para musisi. Maka dari itu, aneh jika sekarang musisi dilarang menggunakan bagunan tersebut. “Baik orang luar atau pun Tasik mengenal GOR itu karena acara musiknya, bukan karena kegiatan olahraga,” tuturnya.

Saat ini perhatian pemerintah kepada pegiat musik dinilai nihil, tidak aneh jika perkembangan musisi Tasikmalaya tidak menonjol. Larangan penyelenggaraan event di GOR Sukapura pun makin mengkerdilkan musisi. “Mungkin karena musisi bukan aktivis yang bisa melakukan aksi unjuk rasa, makanya tidak diperhatikan,” tuturnya mengkiritisi pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, pegiat event musik Atik Suwardi juga mengatakan hal yang serupa. Dia ingin larangan event musik di GOR dihapuskan, karena tidak ada lagi sarana untuk acara musik indoor. “Kecuali, jika pemerintah menyediakan fasilitas lain yang lebih baik,” tuturnya.

Perlunya fasilitas pagelaran musik indoor, diperlukan untuk kegiatan-kegiatan yang lebih eksklusif dengan massa yang terbatas. Sementara Gedung Kesenian (GKT) kondisinya belum memadai untuk berbagai kegiatan musik. “Jadi sebelum ada fasilitas yang lebih baik atau setara, kami minta larangan kegiatan musik di GOR dicabut,” ujarnya. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.