Pelajar Ciamis Harus Mampu Tanggulangi Bencana

90
0

CIAMIS – Pelajar di Kabupaten Ciamis diharap mampu menangani bencana, saat berada di lingkangan sekolahnya. Untuk itu, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Ciamis, mengelar kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) Gelombang ke-II.

Kegiatan digelar mulai Jumat – Minggu (6-8/3) dan dilaksanakan di Lapang Sepak Bola Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Ketua Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Ciamis, Ade Waluya menuturkan, kegiatan TMS ini dilaksanakan yang ke- II kalinya.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para peserta TMS tersebut diantaranya, bakti sosial.

Baca juga : 26 Ribu Ketua RW di Jabar Pake Aplikasi Ini untuk Penanggulangan Corona

Termasuk program unggulan kementrian sosial di bidang edukasi bencana seperti, bersih-bersih lingkungan dan penanaman bibit tanaman.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini diikuti oleh sebanyak 103 peserta, dengan rincian sebanyak 56 peserta putra, dan 47 putri.

Terdiri dari utusan 17 sekolah; SMA, SMK, dan MA, yang ada di wilayah Ciamis Utara.

“Tentunya pelajar ini harus memahami cara-cara penanggulangan bencana, karena nantinya sebagai kurikulum di sekolah-sekolah,” ujarnya.

Ade menambahkan, bahwa pemberian materi pada kegiatan TMS ini dilakukan oleh anggota Tagana yang sudah memiliki kecakapan.

Isi materi, kata dia, tentang pengenalan bencana, materi, dan praktek dalam penanganan awal jika terjadi bencana kepada siswa SMA.

“Termasuk cara tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa saat berada di dalam ruangan kelas. Minimal bisa mengenal dulu diri pribadi serta nantinya bisa disalurkan ke teman-temanya,” paparnya.

Ditambahkan  Kepala Bidang Balinsos Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Asep Tatang Bakhtiar SIp memgatakan, bahwa kegiatan TMS merupakan program Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Sosial RI di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini sangat baik untuk masyarakat, dan siswa-siswi dalam bentuk edukasi kebencanaan.

“Jika terjadi bencana para siswa tahu cara untuk menyelamatkan diri dan menyelamatkan keluarga serta kerabat dekat,” paparnya.

Pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Panjalu Desa Ciomas dan masyarakat serta Kepala Sekolah, serta para siswa-siswi yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan TMS Gelombang ke-II.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.