Pelajar Mesti Melek HAM, Tiga Siswa MA Mu’minin Ma’sum Ikuti LCC-HAM Nasional

412
0
OPTIMIS. Kepala MA Mu’minin Ma’sum Didin Burhani MAg (kanan) foto bersama siswa yang siap berkompetisi di ajang LCC HAM tingkat nasional Senin (9/12). Pihaknya optimis meraih juara. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Tiga siswa Madrasah Aliyah (MA) Mu’minin Ma’sum Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya berkesempatan menjadi peserta Lomba Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia (LCC-HAM) tingkat nasional Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM. Lomba ini digelar oleh Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat Senin mendatang (9/12).

Kepala MA Mu’minin Ma’sum Didin Burhani MAg mengatakan kegiatan LCC-HAM ini bagian rangkaian peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se Dunia ke-71 dan meningkatkan pemahaman tentang HAM di kalangan pelajar.

Untuk itu, sambungnya, MA Mu’minin Ma’sum mengikutsertakan 3 siswa untuk mengikuti LCC-HAM tingkat pelajar SMA sederajat. Kompetisi ini diikuti oleh 18 sekolah Se Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Jadi kader-kader HAM dari madrasah kami yaitu Siti Nurrohmah, Sipa Nuraeni dan Ikhwan Zul Ihsan akan bersaing dalam LCC-HAM tingkat nasional jenjang SMA sederajat. Mereka sudah mempunyai kapasitas pengetahuan tentang HAM, karena sebelumnya sebagai penggiat HAM pelajar di Kota Tasikmalaya,” katanya kepada Radar, Kamis (5/12).

Lanjutnya, kontingen ini sebelumnya juga diberikan materi pembinaan dan latihan peserta LCC HAM oleh guru pembimbing dan Bagian Bantuan Hukum dan Kerja Sama Daerah Setda Kota Tasikmalaya.

Selain pendalaman materi, siswa juga dibina secara mental serta spiritual sehingga siap bersaing. Walaupun berasal dari kampung harus siap mendunia.

Didin melanjutkan, lomba ini dapat menambah wawasan tentang HAM. Hal itu penting karena mengajarkan siswa untuk belajar berhubungan atau berinteraksi antara sesama, bukan saja di lingkungan madrasah namun bisa saja dalam skala global.

“Kami harap mereka dapat menampilkan yang terbaik dan siap bertanding. Yang tak kalah penting, diharapkan siswa dapat mengamalkan wawasan HAM untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Ia berharap, melalui lomba ini siswanya bisa menjadi pemenang dan mengharumkan nama madrasah.

Peserta LCC-HAM Siti Nurrohmah mengaku sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba HAM tersebut dengan mempelajari kisi-kisi LCC HAM 2019 yang sudah diberikan oleh penyelenggara melalui bimbingan dari guru-guru madrasah.

“Sekarang sudah difokuskan untuk LCC HAM seperti pasal-pasal berkaitan HAM dan pengamalan HAM,” katanya.

Ia berharap, dengan perlombaan ini dapat menambah ilmu pengetahuan tentang HAM sehingga bisa diterapkan sehari-hari. “Targetnya juara agar bisa mengharumkan nama baik madrasah dan Kota Tasikmalaya,” ujarnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.