Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Pelajar Perlu Memahami Blangko Tilang

39
0

CIAMIS – Puluhan pelajar SMK Kesahatan Ciamis mengikuti sosialisasi “Millennial Road Safety Festifal”, Selasa (12/2), sekitar pukul 09.00 di halaman sekolah di Jalan Otista Panyingkiran Kabupaten Ciamis.

Dengan tema Surat Keputusan Kapolri No Pol: SKEP/443/IV/1998, tanggal 17 April 1998, penggunaan blanko biru/tilang bisa dilakukan.

Petugas Opsnal Lalu Lintas Polres Ciami, Bripda Luciana Dewi mengaku pihaknya bersama anggota Lalu Lintas (Lantas) seperti Bripka Septa Rosandi SH memberikan pemahaman tentang pengunaan blanko buru atau surat Tilang (Bukti Pelanggaran).

Para pelajar dan masyarakat, kata Luciana berhak tahu mengenai jenis blanko lembar Tilang yang berlaku.

Diantaranya, surat Tilang warna merah diserahkan untuk Pelanggar, untuk mengikut sidang di Pengadilan Negeri.

Mengenai warna biru, diserahkan kepada pelanggar jika ingin membayar denda Tilang melalui Bank yang telah ditunjuk.

Untuk warna kuning, sebagai arsip di kepolisian. Warna putih untuk arsip di kejaksaan, dan warna hijau untuk arsip di Pengadilan.

“Hal tersebut memang perlu dipahami oleh pelajar atau masyarakat,” katanya.

Luciana menjelaskan, jika pelanggar meminta blanko tilang berwarna biru, maka pelanggar tidak perlu lagi mengikuti sidang di Pengadilan, tetapi cukup membayar langsung di Bank BRI.

“Namun slip tilang warna biru ini dikenai denda sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Kami tetap ingatkan, masyarakat atau pelajar bila tidak mau ditilang haru menaati peraturan berlalu lintas. Jangan melanggar aturan,” terangnya.

Wakil Kepala Sekolah SMK Kesehatan Ciamis, Giri Sogiri SPd MPd menyambut baik dengan adanya sosialisasi dari kepolisian, yang telah memberikan pemahaman mengeni berbagai surat tilang.

“Sehingga para siswa bisa mengerti dan bisa diterapkan. Tapi saya kira alangkah baiknya pelajar taat berlalu lintas agar tidak ditilang, ” pungkasnya. (isr/adv)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.