Pelaku Pencurian Uang Rp.75 Juta Diduga Komplotan Gembos Ban

54

TASIK – Kasus pencurian uang Rp 75 juta yang menimpa Dadan (37) di Kampung Rahayu 2 Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya diduga dilakukan oleh sindikat pelaku gembos ban.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Dadang Sudiantoro SH MH mengatakan pihaknya masih me­lakukan penyelidik­an terkait kasus tersebut. Na­mun pihaknya belum mendapat petunjuk yang mengarah kepada pelaku. “Masih kita selidiki, kasusnya ditangani Polres,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (29/11).

Menurutnya, pelaku dalam kasus ini adalah komplotan yang menggunakan modus gembos ban. Diduga pelaku sudah membuntuti korban sejak keluar dari Bank. “Kemungkinan mereka pelaku yang biasa pakai modus gembos ban dan pecah kaca,” ujarnya.

Di lokasi kejadian, anggota memeriksa keempat ban dari mobil tersebut, namun tidak ditemukan ada paku atau benda tajam lainnya. Menurut Dadang, pelaku sudah berencana menggembosi ban mobil korban. “Tapi korban sudah keburu sampai di rumah,” terangnya.

Pelaku nekat melakukan aksinya, karena melihat ada kesempatan saat korban meninggalkan mobil. Waktu yang singkat itu dimanfaatkan pelaku mengambil uang yang disimpan di dalam mobil.

Dadang menyebutkan hal ini bukan kali pertama terjadi di wilayah hukumnya. Sebelumnya, kata dia, ada juga pencurian dengan modus serupa di wilayah Kecamatan Sukaratu yang kerugiannya mencapai Rp 120 juta. “Itu juga sudah sampai rumah, belum digembosi,” katanya.

Dengan adanya kasus ini, masyarakat diminta lebih hati-hati ketika membawa uang dalam jumlah besar. Khususnya yang baru melakukan pencairan di bank. Karena tidak menutup kemungkinan ada pelaku kejahatan yang mengincar. “Kalau meninggalkan mobil, uangnya diamankan atau dibawa saja,” tuturnya.

Begitu juga ketika sudah sampai di rumah, karena faktanya beberapa kasus terjadi di halaman sendiri bahkan di garasi. “Jangan sampai kasus serupa kembali terjadi menimpa masyarakat. Kalau perlu bisa minta pengawalan ke polisi,” pungkasnya.(rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.