Pelaku UKM Garut Segera Dapat Bantuan

1741
1
Suhartono Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut

GARUT KOTA – Para pelaku usaha kecil mikro (UKM) di Kabupaten Garut akan segera mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam waktu dekat.

Bantuan yang masuk dalam program pemulihan dampak ekonomi akibat Covid-19 ini akan disalurkan akhir September.

Baca juga : GARUT DARURAT COVID-19, Ini 9 Wilayah di 6 Kecamatan yang Akan Diisolasi

“Melihat dari pidato bapak presiden, maka bantuan ini bisa disalurkan akhir September,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut Suhartono kepada wartawan Sabtu (19/9).

Ia menuturkan persyaratan mendapatkan bantuan yakni memiliki nomor induk kependudukan (NIK), mempunyai usaha mikro dengan dibuktikan surat usulan dari pengusul, serta bukan ASN, anggota TNI/Polri, atau pegawai BUMN/BUMD.

Ia mengatakan Pemkab Garut sudah melakukan pendataan sejak pertengahan Agustus hingga 18 September 2020. Pendataan dilakukan melalui dua tahap, yaitu sosialisasi dan sebaran surat edaran.

Loading...

Hasil pendataan di lapangan, kata dia, jumlah UMKM di Garut sebanyak 150.176 unit atau peringkat kedua terbanyak setelah Kota Bandung yang mencapai 150.557 UMKM dan total yang mengusulkan bantuan dari Jabar sebanyak 1.729.966 UMKM.

“Setelah ditutup pada hari ini, kemudian akan dilakukan seleksi oleh pengelola penanggung jawab di Kementerian Koperasi UKM dan langsung disalurkan melalui bank penyalur bantuan,” terangnya.

Baca juga : GARUT DARURAT, 21 Warga Positif Corona di 1 Kampung, 6 Dusun Diisolasi

Ia mengimbau pelaku usaha tetap mengikuti arahan dan aturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam penyaluran bantuan program tersebut.

Terutama, lanjut dia, masyarakat harus lebih berhati-hati akan terjadinya penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momentum program bantuan untuk pelaku usaha mikro. (yna)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.