Surat Keterangan Bisa Digantikan STR

Pelamar CPNS Diberi Keringanan

85

PARIGI – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusi (BKPSDM) memberikan keringanan bagi calon pelamar CPNS dari tenaga kesehatan, dimana saat mengirimkan berkas lamaran, mereka tidak wajib menyertakan Surat Tanda Registrasi (STR). Hanya saja pelamar bisa menggantinya dengan surat keterangan.

”Artinya surat keterangan tersebut bisa menjelaskan bahwa STR tersebut sedang dalam proses pembuatan, karena pembuatan STR membutuhkan waktu yang cukup lama, kalau yang sudah ada ya silahkan melampirkan,” tegas Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian BKPSDM Kabupaten Pangandaran Supendi kepada Radar, Selasa (9/10).

Jika si pelamar dinyatakan lulus atau diterima sebagai PNS, maka wajib menyertakan STR yang asli. ”Waktu tahun 2014 kita juga tidak mewajibkan, tapi tetap saja kalau sudah keterima itu (STR) harus ada,” tuturnya.

Kebijakan tersebut merupakan inisiatif dari Pemkab Pangandaran, dengan melakukan berbagai pertimbangan. ”Tapi ini tidak bertentangan dengan aturan,” ujarnya.

Syarat lainnya, kata dia, yang harus dilampirkan oleh para pelamar diantaranya KTP, ijazah, transkrip nilai, surat lamaran yang ditujukan kepada Pemkab, Akreditasi BAN-PT dan STR. ”Untuk waktu pendaftaran sampai dengan 15 Oktober, dipajukan secara nasional,” tuturnya.

Hingga hari kemarin (9/10), jumlah pelamar CPNS Kabupaten Pangandaran mencapai 5.690 dengan formasi guru sebanyak 3.929, tenaga kesehatan 483 dan tenaga teknis sebanyak 1.024. ”Itu data yang masuk sampai pukul 10.00,” bebernya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Agus mengatakan jika aturan yang ditetapkan BKPSDM seperti itu, maka tidak ada salahnya dilakukan. ”Yang terpenting kan mereka harus menyertakan surat keterangan sedang di proses, terus setelah diterima harus menyertakan yang aslinya, itu tidak masalah,” tegasnya.(den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.