Pelanggan PDAM Mengeluh

295
1

Senada dengan Normalia, IIm Sumiarsih (48), menceritakan dua tahun ke belakang aliran air PDAM di Perumahan Cisalak tidak mengalami kendala seperti saat ini. Maka, dengan krisis air bersih dirinya terpaksa membersihkan baju dan menyuci piring menggunakan air sumur, yang warnanya kekuningan, karena dulu lokasi persawahan.

“2017 masih bagus dan lancar PDAM mengalirkan air ke perumahan, namun sudah 1,5 bulan ke belakang tidak ada air,” kata dia.

Sub Bagian Informasi dan Publikasi PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya Asep Saefulloh menjelaskan kendala krisis air bersih di Perumahan Cisalak, karena jaringan pipa baru PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya, di sepanjang Jalan Ir H Djuanda, sedang diperbaiki karena masih terdapat titik-titik bocor.

Selain itu, sumber mata air Cipondok Kecamatan Leuwisari yang debit potensial air dari PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya belum mencapai batas normal 180 sentimeter. Itu dampak kekeringan panjang kemarin, sekarang masih 100 sentimeter. Jadi belum maksimal untuk melayani kebutuhan air bersih kepada pelanggan air PDAM.

“Ketika sudah dilaksanakan uji coba dan tidak terjadinya titik-titik kebocoran maka jaringan baru tersebut, dengan diameter pipa 8 inci kapasitas 26 liter/detik bisa membantu menyuplai Perumahan Cisalak,” katanya.

Namun, setelah diadakan hasil uji coba dan dievaluasi masih terdapat titik-titik kebocoran. Maka sekarang masih diadakan uji coba lebih lanjut untuk memperbaiki titik-titik bocor tersebut.

“Sekarang ini dalam uji coba pengetesan dan dilakukan check and recheck untuk memastikan tidak ada lagi kebocoran. Tapi kemarin masih uji coba masih ada yang bocor. Jadi ketika oke tidak ada masalah bisa dialirkan,” katanya.

Menurutnya, solusi krisis air bersih sudah disampaikan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Ir Wawan Darmawan MM kepada perwakilan Perumahan Cisalak sebanyak 21 orang Selasa (21/1). Mereka bertemu di kantor PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya.

“Kebetulan Dirut PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya (Ir Wawan Darmawan MM, Red) sudah menjelaskan solusi mengatasi krisis air di Perumahan Cisalak dengan penambahan jaringan tersebut, namun progres penambahan jaringan barunya masih dalam uji coba dan mereka pun dipersilahkan melihat di lapangan yang berada di Jalan Ir H Juanda tersebut,” katanya.

Kata Asep, hasilnya, dari pertemuan antara war­ga Perumahan Ci­salak dan PDAM Tirta Suka­pura Kabupaten Tasik­malaya kemarin ter­dapat komitmen ber­sama. “Ketika air PDAM lancar tidak ke sini lagi, tapi ketika datang ke sini lagi, belum mengalir air PDAM-nya,” ujarnya. (riz)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.