Pelanggaran di Medsos Jadi Objek Pengawasan Bawaslu Pangandaran

21
0

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran akan memperketat pengawasan di media sosial (medsos). Akun bodong yang melakukan black campaign pun akan menjadi objek pengawasan.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abdillah meminta setiap tim sukses (timses) calon harus menyerahkan akun media sosial resmi kepada KPU Kabupaten Pangandaran.

“Kalau tidak salah jumlah per calonnya itu sekitar 20 akun. Nah di luar yang didaftarkan itu akan kita awasi, termasuk akun bodong,” kata dia kepada Radar, Minggu (4/10).

Menurutnya, akun media sosial yang tidak terdaftar di KPU dikhawatirkan melakukan black campaign terhadap lawan politiknya. “Apalagi kalau pemilik akunnya tidak diketahui, sulit juga untuk ditindak,” katanya.

Gaga mengatakan saat ini media sosial kerap dijadikan tempat untuk berkampanye dan sekadar untuk menyampaikan visi misi.

“Makanya kita jangan lengah, karena di media sosial, potensi pelanggaran kemungkinan besar bisa terjadi,” jelasnya.

Baca juga : Pilbup Pangandaran, Jadwal Kampanye Saat Pandemi Lebih Padat

Ketua Bawaslu Iwan Yudiawan mengajak semua pihak ikut terlibat dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Jadi pengawas partisipatif sangat dianggap perlu, terutama mengawasi kampanye secara langsung ataupun di media sosial,” katanya.

Menurutnya, jika masyarakat, ormas ataupun lembaga ingin melaporkan ada pelanggaran, maka harus memiliki satu bukti kuat, kemudian waktu yang jelas, tempat dan dimana pelanggaran itu terjadi, saksi dan lain-lain.

Kata dia, banyak masyarakat masih terkesan ragu untuk melapor jika menemukan dugaan pelanggaran di lapangan. “Bisa karena takut, karena buktinya kurang, saksinya nggak ada dan lain-lain,” ucapnya.

Untuk itu Bawaslu terus melakukan bimbingan teknis pengawasan kepada semua unsur yang diharap bisa menjadi pengawas partisipatif.

“Mulai dari dasar hukum, jenis pelanggaran, mekanisme Pilkada dan masih banyak lagi,” jelasnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.