Beranda Rakyat Garut Pelapor dan Terlapor Diajak Mediasi Dulu

Pelapor dan Terlapor Diajak Mediasi Dulu

65
BERBAGI

KARANGPAWITAN – Polres Garut akan memediasi tim Iman Alirahman-Dedi Hasan Bachtiar (Ihsan) dengan salah seorang pengguna Facebook yang menjadi terlapor dugaan ujaran kebencian.

“Kami akan coba mediasi dan sudah dikoordinasikan dengan kedua belah pihak. Mereka sangat welcome, tinggal menunggu waktunya saja,” ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Mapolres Garut Kamis (5/4).

Dia mengaku masih berkoordinasi dengan Sentra Gakumdu terkait penanganan laporan tersebut. Apakah masuk dalam ranah pidana atau hanya pelanggaran Pemilu.

“Kalau pidana akan (lanjut) proses. Tapi kalau pelanggaran Pemilu kami serahkan ke Gakumdu,” tuturnya.

Sampai saat ini, kata dia, kepolisian belum memanggil terlapor. Pihaknya masih mengolah laporan tersebut dan akan menunggu sampai lima hari setelah laporan dibuat.

“Kami olah dulu selama lima hari, apakah ini masuk pidana atau tidak. Sekarang kan baru dua hari, tunggu saja ada tiga hari lagi,” paparnya.

Terpisah, Ketua Panwaslu Kabupaten Garut Asep Burhanudin menilai ujaran kebencian di Facebook yang dilaporkan tim pasangan calon nomor 2 sudah ditindaklanjuti.

“Kemarin (Rabu, 4 April, Red) oleh panwas kecamatan sudah dipanggil yang bersangkutan. Tetapi yang hadir itu hanya kuasa hukumnya,” terang dia.

Berdasarkan keterangan dari kuasa hukum terlapor, kata dia, komentar yang ditulis tidak ditujukan pada pasangan calon nomor dua.

“Kata kuasa hukumnya itu, menulis nomor dua itu tidak ditujukan kepada paslon tersebut,” katanya.

Selanjutnya, dia akan menunggu laporan secara resmi dari yang dirugikan. Yakni pasangan calon nomor dua.

“Saat ini kan sudah ditangani oleh kepolisian terkait pidananya. Kalau pelanggaran Pemilu, kami masih tunggu laporan resminya kepada Panwaslu,” pungkasnya. (yna)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.