Pelatihan Menjahit bagi Nasabah

377
0
Loading...

KARANGNUNGGAL – Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Tasikmalaya menggelar pelatihan menjahit bagi nasabah Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) di Desa Cikukulu Kecamatan Karangnunggal, Selasa (22/5).

Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi mengatakan pelatihan ini merupakan pembinaan terhadap para nasabah, terlebih kepada para ibu-ibu. Karena ini merupakan salah satu keberpihakan PNM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Memang urusan jahit menjahit ini paling mungkin dilakukan oleh ibu-ibu, sehingga kami berikan pelatihan menjahit,” ujarnya kepada Radar disela acara kemarin.

Dengan pelatihan ini, Arief mengharapkan para nasabah bisa mendapatkan keahlian dalam menghasilkan penghasilan tambahan untuk keluarganya. “Paling tidak (dengan pelatihan ini, Red) kami bisa memutus mata rantai kemiskinan dengan hadirnya keahlian dalam menjahit. Sehingga tidak mewariskan kemiskinan kepada anak-anaknya,” terangnya. Tasikmalaya identik dengan usaha bordir.

Maka dari itu peluang tersebut yang sangat mungkin dikembangkan oleh ibu-ibu
Kepala Devisi Pengembangan Kapasitas Usaha dan Pengembangan Kelompok PNM Cabang Tasikmalaya Ara Koswara mengatakan pelatihan ini akan diikuti 200 orang. Tahap pertama yang dilaksanakan saat ini diikuti 80 peserta. Kemudian untuk sisanya akan mengikuti berdasarkan waktu yang sudah ditentukan. Tahap pertama pelatihan dilakukan pada 22 Mei – 2 Juni dan yang kedua dari 2 – 13 Juni 2018.

Loading...

“Pelatihan ini kita laksanakan di lima desa yakni Desa Cikukulu, Karangnunggal, Cibatu, Cikupa dan Sarimukti di Kecamatan Karangnunggal,” katanya.

Selain membentuk keahlian, kata dia, pelatihan ini juga mendukung kemampuan peserta dalam melakukan pemasaran secara online dan juga mendukung terbentuknya UKM yang profesional, inovatif dan berdaya saing tinggi.

“Narasumber yang dihadirkan adalah Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) Juliana Jaya Hendro Suyatno,” bebernya.

Dengan pelatihan ini, kata dia, kehadiran PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha saja tapi disertai dengan pendampingannya.

Nuryati, peserta pelatihan me­ngaku ke­gia­tan ini sangat membantu ibu-ibu dalam me­nggali keahlian khususnya pa­da bidang menjahit. “Bagus PNM, sudah memberikan pin­­jaman mo­dal ditambah pe­la­tihannya jadi sa­ngat lengkap,” katanya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.