Pelipat Surat Suara Berbau Anggota Parpol

58
LIPAT SURAT SUARA. Petugas melipat surat suara di Gudang KPU di Kelurahan Awipari Kecamatan Cibeureum, Senin (11/2).Rangga Jatnika / Radar Tasikmalaya

CIBEUREUM – Logistik surat suara sudah didistribusikan dari pusat ke KPU Kota Tasikmalaya dan mulai dilipat di gudang yang berlokasi di Kelurahan Awipari Kecamatan Cibeureum. Bawaslu menemukan petugas pelipat surat suara yang diduga seorang anggota partai politik (parpol).

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin mengatakan pihaknya mendapat laporan dari panwascam, ada petugas pelipat surat suara dari Kecamatan Bungursari yang tercatat dalam data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). “Kalau masuk Sipol otomatis dia anggota parpol,” ujarnya kepada Radar, Senin (11/2).

Hal tersebut sudah menjadi temuan Panwascam Bungursari beberapa waktu lalu dan dikomunikasikan dengan PPK yang merekrut petugas tersebut. Namun, demikian saat dicek kembali orang tersebut masih ada. “Tadi dicek sama petugas di kecamatan masih ada,” tuturnya.

Hasil penelusuran Bawaslu, petugas bersangkutan mengaku bukan dari anggota parpol. Terkait namanya yang tercatat dalam Sipol, dia mengaku dicatut oleh salah satu parpol.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Ade Zaenul Mutaqin mengatakan bahwa PPK sudah melakukan konfirmasi kepada petugas tersebut. Yang bersangkutan mengaku tidak pernah menjadi anggota parpol. Secara prosedur petugas pelipat suara tidak boleh berasal dari parpol. “Tidak boleh sebagai parpol, tim kampanye, tum sukses dan peserta pemilu, memakai atribut parpol atau paslon pun tidak boleh,” katanya.

Saat ini, KPU mulai melakukan pelipatan suara yang dilakukan di gudang. Fase pertama yakni pelipatan surat suara untuk pilpres dan akan dilanjutkan dengan pileg. Jumlah surat suara yang perlu dilipat sebanyak 494.077 per jenis surat. KPU menargetkan pelipatan suara bisa selesai dalam rentang waktu dua minggu.

Dalam pelipatan itu, ada juga proses sortir untuk memastikan tidak ada surat suara yang rusak dan tidak layak. Ada beberapa kategori rusak di antaranya robek, kotor, terdapat bercak tinta dan surat suara mengerut. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.