Peluang Yanto Oce di Pilwalkot Tasik, Begini Kata Uu..

108
0
istimewa KONSOLIDASI. Ketua PW-WPP Jawa Barat Hj Neng Madinah Ruhiat (berdiri) konsolidasi ke WPP Kota Tasikmalaya di Jalan Cilembang, Sabtu (31/1/2021).
Loading...

TASIK – Bergabungnya H Yanto Oce sebagai kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Tasikmalaya, dinilai sebagai angin segar bagi partai berlambang ka’bah itu.

Pengurus DPW PPP Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum mengatakan semua kader PPP punya peluang untuk diusung menjadi calon di Pilkada Serentak selanjutnya. “Tidak melihat usia, status kader maupun kekuatan finansial. Semua sama-sama punya peluang,” ujarnya kepada Radar, Minggu (31/1/2021).

Disinggung figur Yanto Oce yang merupakan kader baru di PPP? Uu menegaskan semua tetap punya peluang. Asalkan punya kelayakan untuk menjadi seorang pemimpin yang agamis. “Tentu bisa saja (Yanto Oce, Red) diusung,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat itu.

Baca juga : Bupati Tasik Divaksin yang Pertama

Dijelaskan Uu, ada beberapa hal penting untuk dimiliki kader agar layak diusung PPP. Di antaranya adalah pe­ma­haman yang baik terkait ber­bagai ilmu.

loading...

“Harus tahu karak­teristik Kota Tasik, supaya ketika diberi amanah bisa sangat menguasai,” ujarnya.

Kriteria kedua, lanjut Uu, yakni punya karakter priayi atau nilai ketokohan di masyarakat. Karena seorang pemimpin sudah seharusnya punya pengaruh yang baik di masyarakat. “Artinya punya modal sosial yang bagus di masyarakat,” tuturnya.

Ia mengaku tidak akan membeda-bedakan kader lama atau baru, yang memiliki finansial tinggi atau tidak. Sebab kader yang diusung PPP tidak boleh orang sembarangan. “Inilah salah satu perbedaan PPP dengan yang parpol lain,” ujarnya.

Dua kriteria itu, kata Uu, cukup rasional jika melihat PPP merupakan partai Islam. Tentu kader yang diusung pada kontestasi Pilkada harus punya nilai sosial dan keagamaan yang tinggi. “Karena tujuan PPP yaitu melaksanakan nilai-nilai Islam dalam berbangsa yang berazaskan pancasila,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Pengurus Wilayah- Wanita Persatuan Pembangunan (PW- WPP) Jawa Barat, Hj Neng Madinah Ruhiat. Menurutnya, kiprah Yanto Oce yang selalu hadir membantu di tengah- tengah masyarakat patut diacungi jempol. Sebab kondisi masyarakat saat ini, memang sangat membutuhkan uluran tangan.

“Maka saya sangat mengapresiasi, ketika Yanto Oce bergabung dengan PPP. Karena beliau akan menjadi nutrisi baik bagi PPP dan masyarakat, “ ujarnya kepada wartawan Sabtu (30/1).

Apalagi Yanto Oce berlatar belakang pegiat sosial yang sudah sangat dikenal masyarakat. Untuk itu, kehadirannya di rumah besar umat Islam secara tidak langsung dapat ikut membangun citra baik PPP.

“Kontribusinya kepada masyarakat sudah nyata dan terasa. Dan saya harap ketika sudah masuk di PPP, gerakan sosialnya akan terus berjalan secara kontinyu,” katanya.

Ketika ditanya peluang Yanto Oce maju di Pilkada Kota Tasikmalaya lewat perahu PPP? Hj Neng Madinah mengaku siapa pun memiliki peluang sama. Sebab PPP merupakan partai terbuka, dan siapa pun berhak menggunakan PPP sebagai ladang ikhtiar politiknya.

“Saya rasa peluang beliau (Yanto Oce, Red) kuat, jika memang memiliki niat maju dari PPP, “ katanya memaparkan.

“Karena modal sosialnya ke masyarakat sudah cukup dirasakan, tinggal bagaimana meyakinkan DPP PPP untuk bisa memberikan tiket Pilkada,” ujar dia menambahkan.

Untuk itu, kata Hj Neng Madinah, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan Yanto Oce yakni dengan terus berinteraksi bersama masyarakat. Sambil menampung aspirasi serta membaca kebutuhan warga Kota Tasikmalaya. “Usulan yang baik itu datangnya dari arus bawah, tentu DPP dan DPW PPP akan mempertimbangkan apabila suara dari arus bawah itu bulat,” katanya.

Hj Neng Madinah Ruhiat, saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PPP. Hj Neng Madinah merupakan bagian dari keluarga Pondok Pesantren Cipasung Kabupaten Tasikmalaya.

Sebelumnya, Pengurus Wilayah Wanita Persatuan Pembangunan (PW-WPP) Jawa Barat menggelar Pengajian dan Konsolidasi dengan Kader WPP Kota Tasikmalaya di Kantor DPC PPP Kota Tasikmalaya, Sabtu (30/1/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Ketua PW-WPP Jawa Barat Hj. Neng Madinah Ruhiat, Ketua WPP Kota Tasikmalaya Hj. Neneng Dewi Ramdani, Wakil Ketua DPC PPP Kota Tasikmalaya H. Hilman Winata dan sejumlah perwakilan anggota WPP. (igi/rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.