Pengajuan Pemkab Tidak Disetujui Pemprov Jabar

Pembangunan 28 Ruas Jalan di Garut Tertunda

207
0
H Uu Saepudin
Loading...

TAROGONG KIDUL – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut tidak bisa mengerjakan sejumlah proyek pembangunan yang sudah direncanakan sebelumnya.

“Yang tidak bisa dikerjakan tahun ini ada 28 titik ruas jalan. Itu semuanya didanai oleh anggaran provinsi,” ujar Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut H Uu Saepudin kepada wartawan di kantornya Kamis (20/2).

Menurut dia, gagalnya pembangunan yang didanai Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini karena anggaran yang diajukan Pemkab Garut tidak disetujui oleh Pemprov Jabar. “Paling pengerjaannya tahun depan karena tahun ini anggarannya tidak ada,” terangnya.

Dia menerangkan jika pemerintah provinsi memberikan anggaran untuk pembangunan, khususnya 28 ruas jalan, pembangunannya bisa selesai tahun ini. Karena sebagian pembangunan jalan sudah dilaksanakan tahun sebelumnya. “Kalau anggarannya turun, pengerjalan jalan bisa selesai tahun ini dan sudah bisa digunakan,” katanya.

Uu menyebut pembangunan jalan yang terhenti yakni Jalan Lingkar Kadungora dan Leles. Padahal, kata dia, kedua jalan itu dibangun untuk mengurai kemacetan di pintu masuk ke Garut dari Bandung.

Menurut Uu, banyak warga terutama wisatawan yang mengeluhkan kemacetan di Kadungora dan Leles. Pemkab pun merespon dengan membangun jalan baru. Pembebasan lahan dan pengerasan jalan sudah dilakukan.

“Untuk Jalan Lingkar Kadungora misalnya, sekarang sedang dibangun flyover-nya. Tapi tetap tidak bisa difungsikan dalam waktu dekat. Karena belum bisa dilanjut lagi pembangunannya,” ucapnya.

Loading...

Untuk pembangunan ruas jalan, pemkab mengusulkan anggaran sebesar Rp 60 miliar. Namun tak satu pun ajuan disetujui. Padahal, kata dia, dalam membangun infrastruktur diperlukan kolaborasi dengan pemprov. “Kalau dari anggaran kabupaten istilahnya kecil. Bisa saja dibangun sama pemkab, tapi kan tidak bisa cepat. Jika ada bantuan dari provinsi kan bisa lebih cepat,” katanya.

Selain Jalan Lingkar Leles dan Kadungora, tambah dia, pembangunan Jalan Cikajang dan Karangpawitan juga batal dilakukan. “Saat ini pihaknya akan mengerjakan program prioritas saja sesuai anggaran yang tersedia,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.