Pembangunan Desa Harus Lebih Inovatif

16

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Sebanyak 258 desa mengikuti Bursa Inovasi Desa Kabupaten Ciamis bertema Dari Desa Membangun Indonesia di Gedung Islamic Centre (GIC) Jalan Mr Iwa Kusumasomantri, Selasa (6/11).

Ketua Panitia Pelaksana Bursa Inovasi Desa se-Kabupaten Ciamis Ajat Sudrajat menerangkan program tersebut untuk mendorong pembangunan pedesaan dan pemberdayaan masyarakat. Yakni di bidang infrastruktur, kewirausahaan, pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Kita harus peka terhadap permasalahan di desa,” ungkapnya.

Pemerintah, terang dia, mempercayakan Dana Desa (DD) untuk meningkatkan kesejahteraan desa. “Namun harapan besar kami, tahun depan Pemda Kabupaten Ciamis bisa menyelenggarakan mandiri. Tidak mengandalkan dari Kementerian Desa (Kemendes),” papar dia.

Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin MM akan mendukung program apapun yang tujuannya untuk memajukan desa. Maka dari itu, diharapkan lembaga-lembaga terkait harus bersinergi untuk menyukseskan program pembangunan desa. “Semoga Dana Desa akan berkembang. Selain itu, inovasi itu bagian dari kreativitas. Mudah-mudahan juga giat ini menjadi inspirasi,” tutur dia.

Dia meminta pemerintah desa mengelola DD dengan baik. Jangan sampai menimbulkan masalah. Karena bantuan yang semakin besar itu akan menimbulkan godaan yang besar pula. “Namun Alhamdulillah para kepala desa di Ciamis saat ini bisa mengelola amanah dan kepercayaan masyarakat,” papar dia. (isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.