Pembangunan Harus Berbasis Kesehatan

37
WASPADA. Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya khawatir genangan air di median jalan HZ Mustofa bisa menjadi tempat bersarangnya jentik nyamuk. Rangga Jatnika / Radar Tasikmalaya

TASIK – Meningkatnya ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) harus diimbangi dengan pencegahan dari pemerintah. Pembangunan infrastruktur berbasis kesehatan dinilai masih minim di Kota Tasikmalaya.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya dr Wahyu Sumawidjaja menilai saat ini banyak pembangunan yang belum berbasis kesehatan. Salah satunya penataan median jalan yang memiliki air mancur. “Di situ kan ada genangan air, dan bisa jadi tempat jentik nyamuk,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (7/2).

Menurut Wahyu, banyak hasil pembangunan di Kota Tasikmalaya belum berbasis kesehatan. Untuk itu, sambung dia, perlu konsep yang matang dan pemeliharaan optimal menjaga supaya setiap hasil pembangunan tidak berdampak munculnya sumber penyakit. “Misalkan di selter sampah, bagaimana pengelolaannya supaya keberadaannya tidak menyebarkan penyakit,” katanya.

Maka dia mendorong pemerintah segera menerapkan konsep pembangunan berbasis kesehatan. Karena pola hidup sehat pun tidak akan maksimal jika kondisi lingkungan tidak mendukung. “Sebab kita tidak hanya diam di satu tempat, untuk itu fasilitas publik harus berbasis kesehatan,” tuturnya.

Selain itu, pencegahan dengan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) pun tetap harus dilakukan. Sebagaimana diketahui nyamuk DBD saat ini sudah kebal dengan asap, sehingga fogging tidak lagi efektif. “Meskipun ada obat yang baru, nantinya kebal juga kalau sudah terlalu sering. Intinya kasus DBD ini jangan diabaikan,” katanya.

Selain, tambah Wahyu, pemerintah harus gencar sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pencegahan DBD. Karena tanpa sosialisasi, masyarakat tidak akan tahu cara mengantisipasi DBD. “Mengingatkan masyarakat supaya terhindar dari DBD merupakan kewajiban pemerintah,” katanya. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.