Pembangunan Masjid Besar Panjalu Sudah 70 Persen

47

BANDUNG – Pembangunan Masjid Besar Panjalu yang sempat terhenti selama enam tahun akhirnya dimulai kembali. Masjid yang rencananya selesai akhir 2019, akan menjadi masjid pertama yang berdiri di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Masjid yang dulu pernah menjadi salah satu masjid bersejarah, runtuh oleh gempa yang terjadi pada 1979. Kemudian dibangun kembali dan sekarang sedang dalam tahap pemasangan keramik.

Masjid Besar Panjalu merupakan tempat ibadah yang bersejarah bagi masyarakat setempat. Pada 2011, rencana pembangunan kembali masjid ini sudah terlaksana namun terhenti dikarenakan satu hal. Banyak masyarakat yang prihatin dan berharap pembangunan kembali dilakukan, mengingat bangunan sempat terbengkalai beberapa tahun. Warga Panjalu di Bandung akhirnya membuat penggalangan dana guna mengumpulkan sumbangan.

Malam penggalangan dana yang digelar di Gedung Serbaguna Biofarma pada Minggu (14/4/2019) dihadiri puluhan warga Panjalu yang bermukim di Bandung. Pada kegiatan tersebut berhasil terkumpul dana mencapai Rp250 juta dari target sebelumnya yakni Rp200 juta.

“Sampai sekarang proses pembangunan sudah 70 persen dan sedang dalam pemasangan keramik. Ditargetkan Desember tahun ini selesai, namun saya ingin minimal saat shalat tarawih pada 1 Ramadan nanti sudah bisa digunakan,” ucap Ketua Pembangunan Masjid Besar Panjalu, Kombes Pol Nurfallah.

Dia mengungkapkan dana pembangunan masjid yang memiliki dua lantai dan bisa menampung hingga dua ribu jamaah ini mencapai Rp8 miliar.

“Total anggaran yang sudah dipakai Rp6 miliar dan malam ini berhasil terkumpul dana Rp 250 juta,” tambahnya.

Nurfallah menjelaskan, setiap minggunya dia dan panitia rutin menggelar pertemuan untuk membahas progres pembangunan masjid. Antusias masyarakat yang tinggi membuat dia optimis masjid ini bisa rampung tepat waktu.

Masjid Besar Panjalu akan memiliki satu buah kubah dengan empat menara. Terdapat dua lantai yang nantinya bisa menampung ribuan jamaah.

“luas bangunan lantai satu saja sekira 800 meter persegi. Masjid ini akan menjadi yang pertama kali berdiri di Kecamatan Panjalu, makanya masyarakat setempat semangat untuk ikut menggalang dana,” tandasnya.

(fid/Radar Bandung)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.