Pembangunan RS Tipe D di Pelosok Garut Direalisasikan 2021

10
0
Ilustrasi

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Garut memastikan, pembangunan rumah sakit (RS) tipe D di beberapa wilayah pelosok Garut akan direalisasikan pada tahun 2021.

“Anggarannya sudah kami ajukan baik ke provinsi maupun pusat. Kami optimis pembangunannya bisa direalisasikan tahun depan,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan di Lapang Setda Garut, Senin (5/10).

Menurut dia, salah satu wilayah yang menjadi target pembangunan rumah sakit ini yakni di Kecamatan Bungbulang karena masyarakat di wilayah ini sulit mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

Selain itu, dengan dibangunnya rumah sakit di Bungbulang ini, masyarakat di wilayah selatan Garut bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai dan aksesnya mudah ditempuh.

“Selama ini masyarakat untuk berobat ke rumah sakit itu perlu waktu perjalanan yang lama, karena rumah sakit berada di Pamengpeuk dan wilayah perkotaan Garut. Malah masyarakat di sebagian wilayah selatan ini memilih berobat ke Bandung karena lebih dekat,” ujarnya.

Dengan kondisi ini, kata dia, Pemkab Garut secepatnya akan berupaya untuk membangun rumah sakit tipe D yang nantinya bisa memberikan pelayanan kesehatan yang memadai.

Rumah sakit tipe D ini menyediakan sedikitnya dua pelayanan medik spesialis dasar, dengan fasilitas dan kemampuan pelayanan yang meliputi pelayanan medik umum, gawat darurat, medik spesialis dasar, keperawatan dan kebidanan, serta pelayanan penunjang klinik dan non klinik.

Ia berharap, keberadaan rumah sakit itu tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan, tapi dapat mendorong pertumbuhan daerah Kecamatan Bungbulang yang lebih maju di berbagai sektor.

Pemkab Garut, lanjut dia, saat ini sedang mempersiapkan pembangunan akses jalan ke lokasi yang rencananya akan dibangun rumah sakit di wilayah Kecamatan Bungbulang ini yakni melalui daerah Cihikeu-Mekarjaya dan jalan melewati Mekarjaya langsung ke rumah sakit.

“Jalannya memang cukup berat, mudah-mudahan akses jalan ini bisa secepatnya dibangun,” kata Helmi.

Ia menambahkan, pembangunan rumah sakit di selatan Garut itu merupakan program yang sama dengan pusat, provinsi maupun daerah dalam mengutamakan infrastruktur kesehatan.

“Pembangunan rumah sakit pada tahun 2021 ini sebagaimana visi pusat, provinsi, maupun daerah yang mengutamakan infrastruktur kesehatan,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.