Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Pembangunan Rumah Dinas Wali Kota Tasik Dimulai

241
0

BUNGURSARI – Sejak terbentuknya daerah otonom baru Kota Tasikmalaya pada 2001, wali kota belum memiliki rumah dinas (rumdin) sampai sekarang. Pemkot pun berupaya merealisasikan bangunan tersebut tahun ini dengan anggaran Rp 20 miliar.

“Baru kali ini, pemkot melaksanakan pembangunan untuk rumdin wali kota. Sebab, selama ini mendahulukan dulu kepentingan yang lebih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, seperti infrastruktur jalan, fasilitas kesehatan dan lain sebagainya,” ucap Wali Kota Tasikmalaya Drs Budi Budiman kepada wartawan usai peletakan batu pertama pembangunan rumdin wali kota di Jalan Letnan Harun, Rancamanggu, Bungursari, Jumat (27/9).

Menurutnya, di area rumdin dengan luas 7.100 meter persegi tersebut akan dibangun pendopo sebagai rumah rakyat dan menjadi tempat pertemuan supaya kegiatan pemerintah tidak selalu di gedung atau hotel. Desain bangunan pun, ditekankan tidak meninggalkan kultur daerah.

“Desain harus relatif abadi, tanpa mengesampingkan unsur kultur khas kedaerahan,” katanya. “Anggaran total mencapai Rp 20 miliar ini dibangun di eks carik Kelurahan Sukamulya,” sambungnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tasikmalaya H Adang Mulyana menjelaskan, wacana pembangunan rumdin wali kota sudah sempat muncul di tahun lalu. Namun, pihaknya baru bisa merealisasikan pembangunannya 2019.

“Fasilitas dalam kompleks pendopo dan rumdin yakni rumah tinggal 445 meter persegi, pendopo 324 meter persegi, bangunan sekretaris pribadi dan ajudan, piket serta keamanan, musala atau masjid,” kata Adang.

Di dalamnya nanti terdapat gazebo, area parkir kendaraan roda empat dan roda dua. “Ditambah kolam retensi untuk pengoptimalan penyerapan air hujan, dalam menjaga ketersediaan air ketika musim kemarau,” ucapnya. (igi)

loading...