Pembangunan TSPT Selesai Bulan Ini

31

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PANGANDARAN – Pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TSPT) kawasan wisata yang terletak di Dusun Japuh Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih sudah mencapai 80 persen. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai bulan ini.

Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Abay Bayanullah mengatakan TSPT akan menjadi tempat penelitian dan pengembangan pengelolaan sampah wisata pantai. ”Jadi itu bukan untuk pelayanan, hanya pengelolaan dan penelitian saja,” ujarnya kepada Radar, Selasa (30/10).

Selain menampung sampah pantai, tempat tersebut juga menampung sampah organik dan anorganik dari rumah makan dan hotel di kawasan pantai. ”Tapi tidak semua hotel dan rumah makan yang sampahnya akan ditampung, hanya beberapa saja,”jelasnya.

Untuk menentukan hotel mana saja yang akan diakomodir, menurut dia, hal itu akan dirapatkan terlebih dahulu dengan beberapa dinas terkait. ”Kami akan bahas dulu, setelah itu akan diumumkan,” ucapnya.

Lanjut dia, sampah tersebut akan diolah menjadi pupuk organik, pupuk organik cair, lampu dan lain-lain. ”Semuanya aka diolah kembali menjadi barang yang memiliki kualitas tinggi,” tuturnya.

Luas bangunan tersebut mencapai mencapai 575 meter persegi dengan anggaran mencapai 1,5 miliar dari dana APBN. ”Tapi saya kurang tahu apakah 1,5 M itu termasuk bangunan saja, atau sudah masuk alat cacah, penyuling dan lain-lain,” jelasnya.

Ia berharap dengan berdirinya tempat pengelolaan sampah terpadu kawasan wisata itu, bisa membuat daerah wisata jadi lebih bersih dan sampahnya bisa diolah, untuk mendorong ekonomi warga. “Ini juga akan menjadi file project se-Indonesia,” terangnya.(den)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.