Pembayaran Pajak Pengusaha Hotel Belum Jujur

54
0
NORMAL. Kondisi Pantai Pangandaran berjalan normal, meski pada Sabtu (18/5) sempat diterjang gempa 5,9 skala richter. Deni Nurdiansyah/ Radar tasikmalaya
NORMAL. Kondisi Pantai Pangandaran berjalan normal, meski pada Sabtu (18/5) sempat diterjang gempa 5,9 skala richter. Deni Nurdiansyah/ Radar tasikmalaya

PANGANDARAN – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran angkat bicara soal minimnya realisasi pajak dari sektor hotel dan restoran.

Sekretaris PHRI Kabupaten Pangandaran Dadang Gunawan tidak memungkiri adanya perbedaan angka penghasilan yang dilaporkan pihak hotel kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran.

”Kalau pajak sih bayar, cuman mungkin ada beberapa yang membayarannya tidak sesuai dengan penghasilan sebenarnya,” ujar dia kepada Radar, Rabu (3/7).

Pihaknya mengaku selalu membahas hal tersebut di internal PHRI, dan permasalahan pajak ini sudah menjadi masalah yang cukup lama dan berlarut-larut.

”Kita selalu mengimbau kepada semuanya, agar jujur dalam membayar pajak, karena pemerintah sendiri memiliki hitungannya dilihat dari kunjungan wisata dan jumlah kamar,” jelasnya.

Lanjut dia, pemerintah memang harus melakukan penekanan kepada pihak hotel, agar kejujuran dalam membayar pajak bisa ditingkatkan. ”Potensi pajak dari hotel memang sangat besar,” ujarnya.

Mengenai rencana Pemkab Pangandaran membentuk tim pemeriksaan pajak, dengan melibatkan Aparat Penegak Hukum (APH) pihaknya menyambut.

”Memang diakui kita juga ada yang nakal dikit lah, saya setuju dengan hal itu (membentuk tim, Red), karena pemerintah memiliki kewenangan,” jelasnya.

Menurutnya, pajak tersebut merupakan titipan dari wisatawan yang menginap dan harus disampaikan kepada pemerintah. ”Kalau pemerintah berpikir seperti itu (membuat tim pemeriksaan,Red), ya wajar saja,”katanya.

Selama ini, kata dia, PHRI tidak memiliki kewenangan menekan kepada pihak hotel dalam masalah membayar pajak. Dia hanya memberikan himbauan saja.

”Mudah-mudahan soal pajak hotel ini, bisa cepat diatasi. Sehingga aliran ke PAD makin lancar dan bisa berpengaruh positif kepada industri perhotelan,” harapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.