Pembebasan Lahan Jalan Tol Bataci di Kota Tasik Dimulai

449
1
radartasikmalaya
Ilustrasi Tol Baticap
Loading...

KOTA TASIK – Jalan Tol Bandung-Tasik-Cilacap (Bataci) yang diidamkan masyarakat Kota Tasik memasuki babak baru.

Tahun ini rencananya pembebasan lahannya akan dimulai.

Hal itu dibenarkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf kepada radartasikmalaya.com, Minggu (17/01/21) sore.

“Progres jalan tol berdasarkan informasi yang masuk ke saya, tahun ini akan ada pembebasan lahan trase jalan tol yang sampai ke Tasik,” katanya.

“Mudah-mudahan selama setahun ini selesai (pembebasan lahannya, Red) dan 2022 sudah mulai pengerjaan fisik, maka di 2024 sudah bisa dipergunakan,” sambungnya.

loading...

Terang Yusuf, secara detailnya pengerjaan serta perencanaan Tol Bataci ini adalah domainnya Jasa Marga dan Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR).

“Yang jelas, trasenya sudah ada dan tak akan ada perubahan dari trase itu. Dan 2021 saat ini, sudah mulai ada pembebasan lahannya,” terangnya.

Kemudian, beber Yusuf, untuk izin-izin rekomendasi Amdalnya juga untuk Tol Bataci trase Tasik sudah turun.

“Nanti masuknya dari Gedebage dulu lalu keluar di Tasik. Untuk Ciamis dan Cilacap masih ditanggung kita, karena kondisi lalu lintas yang krodit adalah Tasik-Bandung,” bebernya.

Yusuf menambahkan, mengapa pihak pusat mengutamakan Bandung-Tasik dahulu karena lalu lintas Ciamis-Banjar masih relatif aman. Maka untuk sementara ini pengerjaan trasenya sampai Tasik dulu.

“Ya Pemkot berperan juga dalam rangka melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang akan terkena pembebasan lahan,” tambahnya.

Disinggung akan berapa banyak lahan warga yang terdampak pembangunan tol ini, jelas Yusuf, pihaknya tak mengetahui secara jelasnya.

“Kalau yang terdampak berapa banyak, saya belum tahu karena data detailnya masih di Kementerian PUPR,” ungkapnya.

“Ya mudah-mudahan tak menggerus LP2B yang sudah kita putuskan. Karena bagaimanapun tol dan pertanian kita butuhkan. Kalau trasenya masih yang lama melintasi 4 kecamatan,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

1 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum wr. Wb.
    Maaf min kok belum ada pemberitahuan kepada warga yang tanahnya terdampak jalan tol.. mohon infonya, terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr. Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.