Pemberian Sertifikat Halal Gratis Harus Adil

19

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAWANG – Para pengusaha kuliner Kota Tasikmalaya mendukung penerapan program sertifikat halal terhadap semua produk yang dijual. Namun demikian, mereka meminta pemerintah berlaku adil dan tepat sasaran dalam memberikan program sertifikat halal gratis bagi para pengusaha.

Pengelola Orange Steak di Jalan R Ikik Wiradikarta, Lia Nurmalia sepakat jika semua produk makanan wajib bersertifikat halal. Hal tersebut memberikan jaminan kepada konsumen bahwa produk yang dikonsumsi adalah halal. “Ya kita mendukung, apalagi aturannya sudah ada,” ungkapnya kepada Radar, Senin (23/10).

Sementara ini, makanan yang dijualnya Lia belum mengantongi sertifikat halal dari MUI. Karena belum ada sosialisasi dari pemerintah. Namun, Lia memastikan setiap menu yang disajikan menggunakan bahan-bahan halal. “Daging juga kita pakai sapi dan ayam,” katanya.

Mengenai beban biaya sertifikat halal yang mencapai sekitar Rp 2,5 juta, bagi Lia tidak terlalu berat. Namun, beda halnya bagi para pengusaha yang omzetnya masih relatif kecil. “Jadi kalau ada program gratis, ya diprioritaskan untuk pelaku usaha kecil,” ujarnya.

Owner Tutut Kekey, Femilia Ayu Siti Sahara juga mendukung regulasi tersebut. Karena dengan sertifikat halal, pelaku usaha bisa mengembangkan pemasarannya. “Untuk bisa masuk super market kan biasanya harus sudah bersertifikat halal,” ungkapnya.

Saat ini, dia sudah mengantongi sertifikat halal berkat program gratis pemerintah kota pada 2017. Sebelumnya, dia belum tahu prosedur juga manfaat dari sertifikat halal. “Jadi kita harus aktif nanya, supaya tahu,” terangnya.

Terkait biaya, kata Femi, pada dasarnya setiap pelaku usaha mampu dengan cara menyisihkan uang dari penghasilan. Namun karena pemerintah memiliki program gratis, pedagang kecil yang harus diprioritaskan. “Karena mau pelaku usaha kecil atau pun besar biayanya kan tetap sama. Jadi yang kecil yang harus dibantu,” tutur dia. (rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.