Pembongkar Kuburan di Cikatomas Kawanan Anjing

470
0
EKSPOSE. Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra SIK menunjukkan batu bata yang terdapat jejak kaki anjing di Tempat Pemakaman Umum, Desa Pakemitan Kecamatan Cikatomas, Kamis (21/11). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

MANGUNREJA – Polres Tasikmalaya akhirnya berhasil mengungkap pelaku pembongkaran puluhan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Pakemitan Kecamatan Cikatomas, belum lama ini. Berdasarkan penyelidikan yang sudah dilakukan, pihak kepolisian menyatakan bahwa yang melakukan pembongkaran makam tersebut adalah kawanan anjing.

Satreskrim Polres Tasikmalaya dibantu jajaran Polsek Cikatomas berhasil mengungkapnya lewat penyelidikan dan pemasangan CCTV yang dipasang di lokasi pemakaman yang banyak digali.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra SIK mengatakan, hasil perkembangan penyelidikan sudah membuahkan hasil. “Jadi dari hasil penyelidikan kita di lapangan, berawal dari laporan masyarakat ke Polsek Cikatomas pada 8 November 2019. Ada 25 makam tergali dan dicurigai digali oleh seseorang atau manusia,” kata Dony, Kamis (21/11).

Kemudian, terjadi lagi penggalian tanah kuburan pada 11 November 2019 dengan jumlah dua makam yang tergali dan 12 November delapan kuburan. Setelah ditelusuri, bersama masyarakat melakukan ronda bahkan pemasangan CCTV di lokasi kuburan yang digali, ternyata terlihat kawanan anjing melakukan aksi tersebut.

“Terlihat dua ekor anjing yang berada di atas makam yang tergali tanahnya. Termasuk masyarakat pun memasangkan batu bata di lubang kuburan yang sudah tergali, ternyata ditemukan bekas jejak kaki anjing,” kata Dony.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Siswo De Cuellar Tarigan SIK menambahkan, selanjutnya setelah mengetahui ada kawanan anjing yang berada di lokasi penggalian kuburan, kemudian masyarakat di Desa Pakemitan berinisiatif mengikat atau mengurung semua anjing peliharaannya, ternyata setelah itu tidak terjadi lagi penggalian tanah kuburan.

“Jadi kesimpulan kita, pada kasus pembongkaran atau penggalian tanah kuburan ini, dari petunjuk-petunjuk yang ada di lapangan, fakta di lapangan, bahwa pelaku pembongkaran tanah makam, dilakukan oleh hewan anjing, warna putih dan cokelat,” tegas dia. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.