Pembongkaran Batu Andesit Tanda Perencanaan Perkotaan tak Matang

140
0

CIHIDEUNG – Pengamat Tata Kota, Nanang Nurjamil, angkat bicara terkait rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya yang akan membuka kembali batu andesit Taman Kota di depan Masjid Agung, dan akan mengembalikan fungsinya sebagai jalan.

“Apa yang direncanakan Pemkot (membuka batu andesit, Red) sudah benar jika merujuk pada regulasinya Undang-Undang Nomor 29 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com, Selasa (30/7).

Terang dia, sejak awal pembangunan Taman Kota, dirinya sudah sering mengkritisi Pemkot agar jalan tersebut jangan disulap memakai batu andesit.

“Jadi selain melanggar peraturan karena mengubah fungsi jalan, juga akan berdampak kemacetan,” terangnya.

“Lalu kan nyatanya kan menjadi tempat tumbuh suburnya para Pedagang Kaki Lima (PKL). Apa yang saya sampaikan sekarang menjadi kenyataan. Jika sudah seperti ini, maka tentu menjadi tidak mudah untuk mengembalikannya ke fungsi semula,” sambungnya.

Mengapa demikian? “Karena di andesit itu banyak masyarakat yang menjadikan tempat untuk mencari nafkah, khususnya para PKL. Kalaupun mereka mau direlokasi, ya harus jelas direlokasi kemana dan tempat relokasinya harus disiapkan,” tambahnya.

Loading...

Maka, jelas dia, fakta ini yang harus dijadikan pembelajaran kedepan bagi Pemkot agar dalam merencanakan pembangunan infrastruktur kota dikaji dan direncanakan secara matang.

“Selain itu, juga pertimbangkan berbagai aspek secara holistik dan terintegrasi. Termasuk regulasi yang ada serta prediksi dampak yang akan ditimbulkan,” jelasnya.

Sehingga, tandas dia, aset investasi tidak menjadi mubazir seperti pembangunan taman batu andesit ini.

“Selain dari kurang matangnya kajian dalam perencanaan, kelemahan Pemkot lain dalam pembangunan selama ini juga ada pada aspek koordinasi dalam perencanaan, pengawasan dan pemeliharaan terhadap prasarana infrastruktur yang telah dibangun, sehingga seolah-olah tidak ada ketegasan,” tandasnya. (rez)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.