Pembuat Selebaran Sensen Komara sebagai Presiden RI Tak Sakit Jiwa

63
0
Loading...

KARANGPAWITAN – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Garut memeriksa kejiwaan Ham (46), pengikut aliran sesat Negara Islam Indonesia (NII). Hasilnya, polisi memastikan pria yang membuat pernyataan Sensen Komara sebagai Presiden RI dan rasul itu tidak mengidap sakit jiwa.

“Sudah diperiksa (kejiwaannya). Kata dokter kejiwaannya si Ham ini normal,” ujar Kasatreskrim Polres Garut AKP Maradona Armin Mappaseng kepada wartawan di Mapolres Garut Jumat (21/6).

Dalam pemeriksaan kejiwaannya oleh tim psikologi Polda Jabar, tersangka bisa komunikasi dengan baik dan mengakui perbuatan. Pembuatan surat yang menyatakan jika Sensen sebagai Presiden Pusat NKRI dan rasul itu dilakukan dengan sadar.

“Hasil interogasi penyidik saat pemeriksa, si Ham ini masih bisa menjawab seperti biasa. Pelaku ini tidak alami gangguan jiwa, lebih tepatnya itu menyimpang,” katanya.

Maradona menambahkan jawaban Ham mulai tak beraturan saat ditanya terkait keyakinan dan ideologinya.

Namun jika ditanya hal lain, Ham bisa menjawab dengan normal. “Kami masih terus memeriksa tersangka, terutama soal dugaan makarnya. Perkara ini masih terus kita kembangkan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Ketua MUI Garut Sirodjul Munir meminta Pemkab Garut segera memindahkan Sensen ke rumah sakit jiwa. Apalagi berdasarkan hasil keputusan pengadilan, Sensen sudah mengidap penyakit jiwa. “Ini harus dibawa ke rumah sakit jiwa biar tidak ada pengikutnya. Kepolisian juga harus bertindak tegas ke semua pengikut Sensen biar tak menimbulkan keresahan di masyarakat,” kata Munir.

Loading...

Ia menyebut persoalan Sensen sudah tak main-main. Harus ada langkah cepat agar tak menyebar ke warga lain. Apalagi sampai menyebut Sensen sebagai nabi atau utusan Allah. “Jangan dibiarkan masalah ini. Ujungnya malah menimbulkan keresahan. Segera proses hukum saja Sensen biar masyarakat bisa tenang,” tegasnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.