Pembuatan KTP-el Kini Dialihkan ke Kecamatan

562
0
Loading...

TAROGONG KIDUL – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut kini tidak lagi melayani perekaman atau pun pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

Kini pelayanan tersebut sudah dialihkan ke setiap kecamatan.
”Pengalihan pelayanan ini telah dilakukan sejak 12 November. Kami juga telah menyalurkan alat perekam dan pencetak ke setiap kecamatan,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Garut, Pepi Tresnawati kepada wartawan, Minggu (18/11).

Menurut dia, untuk saat ini seluruh kecamatan sudah menerima alat perekam dan pencetaknya. Maka dari itu seluruh masyarakat yang ingin membuat KTP-el tidak usah datang ke Disdukcapil, tetapi hanya datang ke kecamatan saja.

”Sekarang kami tidak melayani lagi pencetakan KTP. Semua sudah dialihkan,” ujarnya.

Pengalihan pelayanan ini dilakukan untuk lebih memudahkan warga yang akan buat KTP. Selain itu untuk mempercepat pelayanan administrasi serta mengurangi biaya warga dari kecamatan yang jauh dari ibukota.

Loading...

”Biasanya kan harus ke Disdukcapil. Kalau dari wilayah selatan ke sini kan jauh. Sekarang tinggal ke kecamatan,” terangnya.

Meski sudah memiliki alat, lanjut dia, masih ada kendala teknis dalam penyaluran alat pencetak KTP-el. Pasalnya masih ada 26 alat cetak yang belum berfungsi.

”Memang masih ada kendala. Ada alat yang masih menunggu perangkat pembaca kode. Alatnya belum diberikan oleh pihak ke tiga,” ucapnya.

Menurut dia, sejum­lah kendala itu akan secepatnya diselesaikan. Pihaknya menjamin, pelayan­an akan dioptimal­kan agar warga bisa lebih mudah mengurus administrasi. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.