Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.7%

Pembudidaya Ikan Hias Mekarjadi Ciamis Perlu Perhatian Pemerintah

197
1
PAMERAN IKAN HIAS
Pameran Ikan Hias Karang Taruna Bina Remaja Uunit Enam Desa Mekarjadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, Minggu (16/08). iman s rahman/ radartasikmalaya.com

CIAMIS – Karang Taruna Bina Remaja Unit Enam Desa Mekarjadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, untuk pertama kali menggelar  pameran ikan hias, Sabtu- Senin (15-17/08) di Lapang Sepak Bola Desa Mekarjadi.

Kegiatan dihelat dalam rangka menyambut HUT RI, serta menumbuhkan pendapatan des

Sekaligus meminta respon dari  pemerintah dalam pembangunan saluran air ke wilayah Dusun Sedekan Desa Mekarjadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis.

Dijelaskan Anggota Karang Taruna Bina Remaja Unit Enam Desa Mekarjadi, Hendi Suhendi (33), kegiatan merupakan pameran perdana berbagai jenis ikan hias, terutama ikan cupang.

Dimana salah  satunya menjolkan Desa  Mekarjadi yang mayoritas masyarakatnya pembudidaya ikan konsumsi, hingga ikan hias.

Sekaligus menyambut juga hari kemerdekaan  yang dilaksanakan selama tiga hari.

Maksud dan tujuan lainya memperkenalkan atau membangun ciri khas bahwa di Desa Mekarjadi  masyoritas pembudidaya ikan konsumsi dan ikan hias.

“Kami berupaya mengembangkan potensi desa untuk kesejahtraan masyarakat, dari budidaya ikan konsumsi dan ikan hias, hingga bisa memajukan perekonomian di wilayahnya,” jelas Hendi kepada Radar.

Hendi menegaskan juga, pameran ini sekaligus salah satu tujuan ini meminta respon pemerintah, untuk membangun jalur air (Dam) yang masuk ke Dusun Sedekan.

Pasalnya, selama ini kesulitanya air yang dari Sungai Cileuer tidak ada pintu Dam ke Dusun Sedekan. “Makanya kami selalu kesulitan air, makanya kalau musim kemarau kami berbudidaya ikan membuat kolam terpal yang di isi air, dan kami kerepotan,” paparnya.

Kedepan, pihaknya berharap pemerintah membantu pemasarannya. Selama ini peternak ikan masih memasarkan sebatas lokal serta online.

“Padahal kalau pemerintah bantu peternak ikan hias, bisa menaikan pendapatan desa atau pemerintah,” ujarnya.

” Karena kami jelas sesuai dengan visi dan misi Bupati  Ciamis waktu kampenye, membantu mengembangkan perikanan dan kemandirian ekonomi juga,” tuntasnya.

(iman s rahman)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Nyuhunkeun pangrojongna ka bpk herdiat supados tiasa oge ngabantos mslh peralatan knggo ngamajukeun perikanan di sedekan .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.