Pemdes Harus Siapkan Dana Tambahan

182
0
Loading...

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menyiapkan Rp 3,2 miliar untuk anggaran pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Oktober 2019. Pesta demokrasi ini akan diikuti oleh 211 desa.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya, Agianto Ahmad Tahir SSTP MSi mengatakan pelaksanaan pilkades serentak merupakan tanggung jawab pemerintah daerah untuk alokasi anggarannya. Karena banyak kebutuhan yang harus dilakukan pengadaan seperti surat suara, honor panitia, biaya pengamanan dan kebutuhan lainnya.

Kata dia, anggaran pilkades sudah ditentukan, masing-masing desa akan menerima Rp 15 juta. Ada pun kebutuhan lain dan kekurangannya akan dipenuhi oleh desa sesuai alokasi yang telah ditentukan bersama. “Kebutuhan dari setiap desa itu berbeda, jadi kekurangan dari bantuan pemkab akan ditutup oleh pihak desa. Di sini tidak ada pungutan bagi bakal calon kades,” ungkapnya.

Lanjut dia, anggaran yang dikeluarkan oleh desa untuk pelaksanaan pilkades bisa dipergunakan untuk kebutuhan pada pelaksanaan pemungutan suara antara lain untuk jamuan makanan dan minum, spanduk, pagar pembatas, dokumentasi, transportasi panitia, honorarium pembantu penyelenggara pemungutan suara dan lain-lain yang tidak dibiayai APBD. “Sehingga pelaksanaan pilkades serentak bisa berjalan dengan lancar,” paparnya.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Dr H Basuki Rahmat MSi mengatakan usulan anggaran untuk pilkades sudah ditetapkan sebesar Rp 15 juta per desa. “Anggarannya akan kita alokasikan pada perubahan tahun ini,” jelasnya

Sebelumnya, Kepala Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah, Andi Lala mengatakan anggaran pilkades tidak cukup sebesar Rp 15 juta. Karena, melihat pilkades sebelumnya di desa lain dengan jumlah pemilih sekitar 4.000 orang, kebutuhannya mencapai Rp 30 juta. “Jadi harus mengalokasikan anggaran tambahan di APBDes,” paparnya.(obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.