Pemdes Singasari Tasikmalaya Terapkan Semua Dusun Jadi Kampung Sehat

48
0
DINILAI. Tim Penilai Kampung Sehat Kabupaten Tasikmalaya melakukan penilaian ke Desa Singasari Kecamatan Singaparna, Rabu (14/10). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Pemerintah Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya berkomitmen untuk menerapkan semua dusun yang ada di wilayahnya menjadi kampung sehat. Hal itu sebagai upaya dalam pencegahan penularan Covid-19.

“Selama masa pandemi Covid-19 dan diikutsertakan dalam lomba kampung sehat, masyarakat lingkungan di desa kami dapat berbenah dalam hal penanganan Covid-19,” ujar Kepala Desa Singasari Kecamatan Singaparna Bangbang Hendrawan kepada Radar, Rabu (14/10).

Baca juga : Pemkot Tasik Bangun Lab PCR, Hasil Swab Test Bisa Segera Diketahui

Bangbang menyebutkan akan terus menggelorakan kepada masyarakat guna meningkatkan pola hidup sehat. Maka dari itu, pihaknya tidak henti-henti sosialisasi serta upaya pencegahan, pendisiplinan dan penegakan protokol kesehatan agar kabupaten bebas dari pandemi Covid-19.

“Masyarakat bahu membahu mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Halaman pekarangan disulap bak taman bunga, alat cuci tangan di tempatkan di masing-masing depan rumah hingga jalan desa yang memanjakan mata,” ujarnya.

Semenjak Covid-19 melanda, masyarakat Desa Singasari langsung menerapkan protokol kesehatan. Kemudian diringankan dengan berbagai bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

“Kami menekankan kepada masyarakat agar selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Kedisiplinan akan menerapkan prosedur kesehatan, memberikan dampak besar bagi diri sendiri dan lingkungan dalam menghindari Covid-19,” ungkapnya.

Bambang menyebutkan, bersama pemda dan tenaga medis, pihaknya mengajak untuk bahu membahu memerangi Covid-19. Bukan saat lomba saja, tapi setiap saat karena tidak tahu sampai kapan pandemi Covid-19 ini berakhir.

Kegiatan kampung sehat ini pun, ujar dia, bukan sekadar acara seremonial semata. Melainkan ditindaklanjuti, sebagai bentuk semangat desa dan masyarakat Singasari untuk berbenah, membiasakan pola hidup sehat dan tentunya lebih mandiri dan kreatif.

Menurutnya, pemerintah desa juga telah membuat aturan-aturan yang berkaitan dengan kesehatan, keamanan, sosial kemasyarakatan dan ekonomi untuk kemandirian masyarakat.

“Terkait kampung sehat, kami tidak main-main, sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Desa Singasari sangat menginginkan untuk terciptanya masyarakat produktif,” jelasnya.

Menurutnya, berbagai persiapan telah dilakukan dengan semangat gotong royong, bersama semua elemen masyarakat bekerja keras, bahu membahu menata lingkungan di masing-masing RT.

Hal terpenting yang dilakukan saat ini, kata dia, adalah berupaya semaksimal mungkin. Sehingga dapat meraih prestasi dan membawa nama baik Kecamatan Singaparna pada umumnya dan khususnya Desa Singasari.

“Dengan usaha dan kerja keras kita bersama, saya yakin dan optimis Desa Singasari bisa masuk 10 besar pada lomba kampung sehat tingkat Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020. Doa dan dukungan semua masyarakat, sangat kami harapkan agar apa yang menjadi harapan kita bersama bisa tercapai,” ucapnya.

Bambang mengimbau kepada semua masyarakat agar tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah, terutama saat keluar rumah dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Diduga Positif, Tadi Sore 3 Warga Sambongjaya Kota Tasik Dijemput Tim Covid-19

Pasalnya masih dalam suasana pandemi Covid-19. “Kami mengajak semua masyarakat agar patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan, yakni 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” kata Bambang.

Masdar (35), salah satu warga mengharapkan semua harus konsisten menjalankan arahan dari pihak desa dan pemerintah daerah terkait pencegahan Covid-19. “Saya yakin kalau kebijakan pemerintah dijalankan hingga ke tingkat paling bawah, hasilnya akan baik, terutama dalam pencegahan Covid-19,” katanya, menambahkan. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.