Pemdes Sukanagalih Regenerasi Perajin

29
0
MENGANYAM. Beberapa peserta pelatihan kerajinan menganyam tas dan topi di Aula Desa Sukanagalih, kemarin. RADIKA ROBI RAMANI / RADAR TASIKMALAYA

RAJAPOLAH – Demi melestarikan kerajinan anyaman di Rajapolah, Pemdes Sukanagalih melakukan regenerasi perajin. Melalui BUMDes Berdikari, ibu-ibu rumah tangga dilatih menganyam kerajinan.

Divisi Perdagangan BUMDes Berdikari Ade Abu Bakar mengatakan, pelatihan ini diikuti 12 orang. Mereka rata-rata berusia di atas 40 tahun. “Visi kita mengembangkan anyaman,” ujarnya kepada Radar, Minggu (7/7).

Lanjut dia, kegiatan ini rencananya diselenggarakan setahun dua kali dengan peserta yang berbeda. Sehingga ada pemerataan keterampilan yang diberikan, fokusnya pembuatan tas dan topi. “Kami kesulitan mencari perajin dari kalangan muda. Karena sibuk sekolah dan bekerja ke luar kota, makanya memaksimalkan ibu-ibu,” katanya.

Kata dia, pelatihan dilaksanakan selama dua hari ini sudah berbuah hasil. Dari 12 peserta, ada beberapa yang membuat kerajinan cukup rapi. “Bagi yang sudah terlihat rapi, nantinya akan dijadikan mitra oleh BUMDes untuk membuat kerajinan,” ujarnya, menerangkan.

Lanjut dia, dalam sebulan BUMDes Berdikari menerima pesanan sebanyak 200. Padahal pesanan bisa mencapai ribuan, tapi keterbatasan perajin. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mencetak perajin berkualitas,” harapnya.

Ketua BUMDes Berdikari Johan Nurhayat mengatakan, selain melestarikan budaya kerajinan. Pelatihan ini juga sebagai upaya meningkatkan perekonomian warga. “Sebenarnya pelatihan ini diharapkan untuk kalangan muda, namun belum ada yang melirik. Maka dari itu kita berikan pelatihan kepada ibu-ibu yang usianya 40 tahun ke atas,” katanya.(obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.